Scroll to Top

Andre Villas-Boas Bisa Bertahan di Chelsea Selama 15 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 07 Oct 2011

Andre Villas-Boas

Berapa lama Andre Villas-Boas bertahan sebagai manajer Chelsea? Salah satu manajer tersukses saja, Jose Mourinho, cuma bertahan tiga tahun beberapa bulan. Carlo Ancelotti yang memberikan gelar ganda pada tahun pertama, langsung dipecat di tahun berikutnya. Bahkan, pelatih sekelas Luiz Felipe Scolari cuma bertahan delapan bulan.

Ketiganya adalah pelatih besar. Sementara, dengan status Villas-Boas yang baru berusia 33 tahun, dari segi pengalaman, ia kurang mampu bersaing dengan ketiganya.

Banyak yang meyakini, target utama Roman Abramovich, sang penguasa Chelsea, adalah juara Liga Champions. Jadi, gelar juara Liga Inggris sekalipun, kurang dianggap oleh miliuner asal Rusia itu.

Menanggapi kemungkinan pemecatan Villas-Boas sewaktu-waktu, Bruce Buck, pemimpin Chelsea, justru berpendapat lain. Manchester United boleh memiliki Sir Alex Ferguson yang memanajeri Setan Merah lebih dari 20 tahun. Arsenal juga mempunyai Arsene Wenger yang berkuasa lebih dari 15 tahun.

Bruce Buck berkomentar, “Semestinya memang ada orang yang tepat untuk manajer (Chelsea) selama 10 atau 15 tahun. Dilihat dari umur Andre (Villas-Boas), mungkin saja ia adalah orang tersebut. Kemampuan manajerialnya luar biasa. Selalu ada kekhawatiran tentang kemampuan manajer berusia 33 tahun bekerjasama dengan pemain dengan usia setara. Jawabannnya: ia mampu melakukan hal tersebut. Kami berpikir, dia sangat kreatif. Ia mampu mengarahkan para pemain dengan tepat.”

Di samping urusan lapangan, Villas-Boas juga ahli mengikuti keinginan King Roman. Kata Buck, “Ia (Andre Villas-Boas) berhubungan sangat baik dengan petinggi klub dan Mr. Abramovich. ANda tidak hanya harus bekerjasama dengan pemain. Anda mesti melakukan hal yang sama dengan bos Anda sebaik mungkin.”

Nah, bagaimana seandainya Villas-Boas tak mendapatkan satu gelar pun musim ini? Bruce Buck pun dengan diplomatis menjawab. “Kami mungkin saja memenangkan sebuah gelar. Mungkin pula tidak. Seorang manajer jelas membutuhkan keberhasilan (mendapatkan gelar) demi bertahan di sebuah klub. Untuk apa kami berada di sini kalau bukan demi menghasilkan klub yang sukses?”

Intinya sama. Meskipun bisa bertahan 15 tahun, jika tidak ada gelar datang, Villas-Boas siap-siap angkat kopor seperti pendahulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda