Scroll to Top

Cara Mengusir Kantuk dalam 30 Detik

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 Jan 2014

push up

Pernahkah saat siang hari tiba-tiba mata Anda terasa sangat mengantuk? Ini pasti dirasakan oleh banyak orang yang sejak pagi terjebak dengan rutinitas pekerjaan. Mengantuk akan muncul ketika tubuh memerlukan pemulihan tenaga dengan melakukan metabolisme. Sebagian orang justru mengambil kafein untuk menahan kantuk. Namun tahukah Anda? Ada cara efektif untuk mengusir kantuk di siang hari tanpa harus minum kopi.

Dikutip dari Daily Mail, caranya adalah Anda melakukan olahraga atau gerakan yang sifatnya berat selama 30 detik tanpa henti. Contohnya Anda melakukan push up, plank, mengangkat barbel berat, atau gerakan lain yang serupa dengan itu. Menurut studi yang dilakukan penulis Gregory Ferentein, gerakan berat ini sama efektifnya seperti minum kopi berkafein dalam memulihkan konsentrasi dan membuat badan terasa lebih segar.

“Saya menemukan, 30 detik latihan (yang melibatkan) berat badan dengan intensitas tinggi, memberi saya dorongan mental yang sama seperti suntikan kafein,” kata Ferenstein.

Untuk menguji temuannya ini, Ferenstein menyiapkan kopi dengan kadar kafein hingga 250 miligram. Di satu sisi, saat kantuk datang dilakukan olahraga berat selama 30 detik. Pada masing-masing percobaan, dilanjutkan dengan melakukan permainan yang melibatkan kemampuan kognitif otak. Ini untuk melihat pengaruh masing-masing terhadap konsentrasi dan kemampuan berpikir.

Hasilnya, minum kopi dan olahraga berat sama-sama berpengaruh pada peningkatan fungsi otak. Namun, peningkatan kognitif karena kafein hanya terjadi sebesar 6 persen. Sebaliknya, olahraga berat yang hanya dilakukan 30 detik mampu meningkatkan kognitif otak sebesar 12 persen. Hanya saja untuk kemampuan otak untuk memori jangka pendek, minum kopi 26 persen lebih baik dibanding latihan berat yang hanya 16 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda