Scroll to Top

Snapchat Diretas, 4,6 Juta Username & Nomor Ponsel Dicuri

By Ditya / Published on Thursday, 02 Jan 2014

Snapchat

Kabar kurang sedap muncul dari Snapchat, aplikasi chatting populer yang sempat dikabarkan akan di akuisisi oleh perusahaan-perusahaan besar. Sebuah lubang keamanan dari jaringan perusahaan Snapchat telah dimanfaatkan oleh peretas untuk mencuri 4,6 juta username dan nomor ponsel pengguna.

Peretas yang menyerang layanan chatting Snapchat ini dikabarkan memanfaatkan celah keamanan yang belum ditambal atau ditututp. Akibat aksi peretasan ini, 4,6 juta username dan nomor ponsel pengguna telah berhasil dicuri oleh peretas dan mengungkapkannya ke publik.

Para peretas yang melakukan penyerangan dan pencurian data Snapchat ini memang mempublikasikan sekitar 4,6 juta username dan nomor ponsel pengguna layanan tersebut, teteapi mereka “berbaik hati” dengan tidak mempublikasikan 2 digit terakhir nomor ponsel pengguna untuk melindungi privasi pengguna.

Sebelumnya layanan chatting Snapchat telah mendapat informasi tentang adanya celah keamanan oleh para peneliti, sayangnya perusahaan tersebut dinilai lambat dalam mengatasi masalah tersebut. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa pengelola Snapchat terlalu cuek dengan informasi dari peneliti.

Kini, peretas memanfaatkan celah keamanan pada Snapchat untuk meretas dan mencuri 4,6 juta akun pengguna yang di dalamnya termasuk nomor ponsel. Sebuah solusi Snapchat hack yang dibuat oleh Gibson Security telah tersedia untuk pencarian database berdasarkan username.

Informasi tentang akun pengguna yang telah dicuri dipublikasikan di situs SnapchatDB.info dan situs ini sekarang telah dihapus. Meski demikian, data tersebut telah banyak beredar di internet.

“Motivasi kami di belakang rilis ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar masalah ini, dan juga menempatkan tekanan publik terhadap Snapchat untuk memperbaiki celah keamanan. Dapat dimengerti bahwa startups teknologi memiliki sumber daya yang terbatas tapi keamanan dan privasi tidak harus menjadi tujuan sekunder,” psan di situs SnapchatDB yang dilansir dari VR-Zone (02/01/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda