Scroll to Top

Ditemukan Backdoor Dalam Router Linksys & Netgear

By Ditya / Published on Thursday, 02 Jan 2014

Linksys

Telah ditemukan backdoor pada beberapa tipe router Linksys dan Netgear. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian oleh seseorang yang menggunakan nickname Elvanderb yang telah mempublikasikan detail celah keamanan router Linksys dan Netgear melalui situs GitHub.

Sebelum kita membahas backdoor pada router Linksys dan Netgear, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan backdoor. Backdoor atau “pintu belakang” sebuah sistem adalah sebuah celah yang memungkinkan penyerang untuk melewati otentifikasi sistem.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Elvanderb yang telah dipublikasikan di situs GitHub, telah ditemukan backdoor pada beberapa tipe router Linksys dan Netgear. Sebagian backdoor tersebut telah dikonfirmasi keberadaannya oleh produsen dan sedang diperbaiki.

Backdoor yang terdapat pada router Linksys dan Netgear ini memungkinkan penyerang atau peretas untuk mengetahui password administrator, melakukan reset router, dan mengambil alih router tersebut. Hal ini telah dibuktikan oleh seseorang yang menggunakan nickname Elvanderb.

Tak semua tipe router Linksys dan Netgear memiliki backdoor ini, dan beberapa tipe telah dilakukan perbaikan. Kemungkinan backdoor tersebut baru dapat diperbaiki melalui update firmware. Sampai saat ini memang belum ada pernyataan resmi atau tanggapan dari Linksys dan Netgear.

Berikut ini beberapa tipe router yang diketahui mengandung backdoor yang mengancam keamanan sistem jaringan dan beberapa di antaranya telah di konfirmasi.

  • Linksys WAG200G
  • Linksys WAG320N
  • Linksys WAG120N, WAG160N, WRVS4400N
  • Netgear DM11Pv2
  • Netgear DG934
  • Netgear DG384
  • Netgear DG834G
  • Netgear WG602, WGR614, DGN2000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda