Scroll to Top

300 Ikan Hiu Australia Kini Aktif di Twitter

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 02 Jan 2014

Hiu Twitter

Apa jadinya jika hiu berkicau? Mungkin ini hanya terjadi di Twitter. Sebagai misi pencegahan, sekelompok ilmuwan di Australia telah tanamkan alat pemancar di sekitar lebih dari 300 ekor hiu ganas. Alat ini akan beritahukan posisi dan lokasi hiu-hiu tersebut tatkala berenang di posisi yang mengancam keselamatan wisatawan.

Sejak tahun 2011 Australia miliki rekor serangan hiu paling parah jika dibanding negara lain. Tercatat ada enam serangan di dua tahun terakhir dan yang terkini terjadi pada bulan November lalu.

Sementara itu terkait dengan alat pemancar yang disebar di laut, akan mengirim pesan singkat terkait lokasi dan keberadaan hiu-hiu ganas tersebut ke akun Twitter Surf Life Saving Western Australia (SLSWA). Kicauan tersebut akan dikirimkan secara real time.

Secara sederhana, teknologi yang diterapkan akan memindai lokasi hiu tatkala bergerak. Jika mereka menuju atau melewati ke titik yang dianggap berbahaya bagi para wisatawan, maka sebuah tweet akan dikirim ke akun SLSWA. Selain memantau lokasi alat ini juga mempelajari bagaimana kebiasaan hiu tersebut di perairan.

Chris Peck dari SLSWA mengatakan jika sistem ini jauh lebih cepat daru sistem peringatan tradisonal. Terlebih kini semua orang terhubung ke Twitter. Jadi tak ada alasan jika tidak bisa menerima pemberitahuan yang ada.

Selain menyelamatkan nyawa wisatawan, misi lain SLSWA yakni menyelamatkan habitat hiu itu sendiri. Tatkala mengancam nyawa manusia, hiu ditangkap dan dibunuh kemudian dibuang oleh pemerintah setempat. Alat ini diharapkan bisa melindungi keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda