Scroll to Top

Yamaha R15 Bukanlah Vixion yang Diberi Baju Baru

By Ilham Choirul / Published on Friday, 03 Jan 2014

r15

Banyak pihak yang mengatakan bahwa Yamaha R15 yang bakal dilepas tahun ini hanyalah Vixion berfairing. Anggapan ini tidak benar. Menurut penuturan dari Yutaka Terada, direktur eksekutif pemasaran Yamaha, kedua bukan barang yang sama dengan jubah berbeda. Yamaha R15 satu langkah lebih unggul dibanding Vixion.

Dikutip dari Kompas, kendaraan berkapasitas 150 cc ini memiliki tenaga mencapai 16,83 PS di putaran 8.500 rpm dan torsi maksimal 15 Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Angka ini di atas kemampuan mesin New Vixion.

Pada New Vixion, mesinnya memiliki tenaga maksimal 16,43 PS. Sementara untuk torsi puncaknya mencapai  14,5 Nm. Meskipun saling berselisih tipis, keduanya memakai jenis mesin serupa yaitu 149,8 cc, 4 katup, SOHC, berpendingin cairan, dan rasio kompresi 10,4:1. Pada jarak sumbu roda, punya Vixion tampak lebih panjang.

”Komponen berbeda, termasuk rangka aluminium dan bagian lainnya. Tenaga juga lebih besar (dibandingkan V-ixion). Banyaklah (bedanya),” kata Terada.

Naiknya tenaga yang dimiliki oleh R15 disebabkan adnya perubahan dalam ECU. Transmisinya memkaai 6 percepatan. Terkait akselerasi, Yamaha R15 dapat menempuh kecepatan dari 0 sampai 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 11,5 detik.

Yamaha belum merinci lebih dalam spesifikasi R15. Namun jika dibandingkan dengan harga New Vixion yang kini berada di rentang Rp 21,7 juta-Rp 23,8 juta, maka harga R15 bisa jadi di atas Rp 30 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda