Scroll to Top

Salam Quenelle, Aksi Nyeleneh Selebrasi Gol Mirip Salam Nazi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 03 Jan 2014

Quenelle

Salam Quenelle tengah mengguncang jagat sepak bola Eropa. Sebuah salam nyeleneh aksi selebrasi gol yang menyerupai salam Nazi. Pada akhir Desember tahun lalu, penyerang West Bromwich Albion Nicolas Anelka terancam larangan tampil minimal lima bulan akibat lakukan salam ini. Apa yang terjadi sesungguhnya?

Salam ini pertama kali dipopulerkan oleh sosok komedian Perancis, Dieudonne. Salam tersebut adalah bentuk antisemitic dan dilakukan mantan penyerang Arsenal tersebut pada akhir Desember tahun lalu.

Kasus itu akhirnya berbuntut panjang. PSSI-nya Inggris, FA, memutuskan akan berkonsultasi dengan Komunitas Masyarakat Yahudi di Inggris untuk mendengar pendapat mereka. Jika tudingan yang dilayangkan terbukti maka striker kebangsaan Perancis itu akan terancam hukuman larangan pertandingan hingga lima pekan.

Selain Nicolas Anelka, pesepakbola yang kedapatan melakukan salam ini adalah Sami Nasri. Namun ia melakukannya di luar lapangan. Sebuah foto menunjukkan Nasri dengan komedian yang memperkenalkan salam tersebut berpose dengan menunjukkan Salam Quenelle.

Manajer Manchester City Manuel Pellegrini enggan berbicara lebih lanjut sebab apa yang dilakukan anak didiknya berlangsung di luar lapangan. Yang lebih mengherankan lagi, selain Anelka dan Nasri ada satu pemain Perancis lain yang juga lakukan salam tersebut.

Adalah pemain bertahan Liverpool Mamadou Sakho pernah lakukan ini di depan publik. Sementara itu, Dieudonne yang memperkenalkan salam ini pada tahun 2004 mengatakan jika salam yang disebut identik dengan salam Nazi itu merupakan simbol anti kemapanan dan bukan anti Yahudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda