Scroll to Top

FB Sadap Pesan Inbox Pengguna, Jual Informasi untuk Iklan

By Ibnu Azis / Published on Friday, 03 Jan 2014

Facebook

FB diduga kuat menyadap pesan pribadi (inbox) pengguna dan menggunakannya demi kepentingan iklan. Upaya memantau private message ini berujung pada gugatan hukum yang diwakili oleh dua pengguna.

Mereka adalah Matthew Campbell dan Michael Hurley. Keduanya layangkan gugatan lewat Pengadilan Distrik Northern California. Facebook diyakini jika secara sistematis menambang data pengguna dan menggali untung dengan menjualnya ke pembeli data.

Jejaring sosial top tersebut berkilah jika class action yang ada tidak berdasar. Mereka akan membela diri meski penggugat telah layangkan permintaan ganti rugi yang jumlahnya tidak sedikit.

Matthew Campbell dan Michael Hurley menuntut kerugian material senilai USD 100 per hari selama masa kerugian. Angka tersebut setara dengan Rp 1,2 juta. Lantas apa sesungguhnya yang dilakukan Facebook di pesan pribadi pengguna?

Firma keamanan Swiss, High Tech Bridge melaporkan jika Facebook memindai tautan di inbox yang dibagikan pengguna. Pemindaian ini sejurus dengan laporan jika perhitungan Like Facebook juga dilakukan lewat link yang dibagikan di inbox.

Pernah dikupas sebelumnya jika sistem perhitungan Facebook Like tidak hanya berdasar jumlah Like yang dikalkulasi dari klik pengguna yang menklik tombol Like. Ada perhitungan lain yang salah satunya berbagi tautan di pesan pribadi.

Class action ini telah didaftarkan pada pekan lalu dengan fokus tujuan penggunaan yang tidak sesuai dengan fasilitas transmisi pesan. Jika bukan untuk fasilitasi kirim terima pesan, lantas untuk apa? Diduga kuat pemindaian link atau data pengguna ini digunakan untuk kepentingan iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda