Scroll to Top

Bebauan Bisa Menimbulkan Migren Secara Cepat

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 04 Jan 2014

bau

Sebagian orang kerap mengalami migren lebih sering. Sakit kepala sebelah ini sama mengganggunya laiknya pusing pada umumnya. Dan, sampai saat in diketahui ada berbagai macam pemicunya. Misalnya meningkatnya rasa stres, perubahan kadar hormon tubuh, perubahan cuaca, gangguan tidur, diet, hingga lampu berkedip.

Namun tahukah Anda? Ada penyebab migren yang pemicunya tidak mudah terdeteksi, yaitu bau-bauan. Menurut studi dari Universitas Liverpool ditemukan, bau makanan atau barang rumah tangga tertentu bisa menyebabkan migren. Bau bawang putih, bau makan berlemak, dan wangi lainnya bisa sangat sensitif bagi sebagian orang. Dalam studinya, peneliti menemukan 50 persen dari relawan mengalami migren karena bebauan.

Pengaruh bau terhadap migren berlengsung cukup cepat. Dari 70 persen laporan yang diterima peneliti, serangan migren hanya terjadi beberapa menit setelah terpapar bau. Sebagian dari relawan mengaku menderita sakit ini usai mencum bau bawang merah dan bawang putih. Peristiwa sensitivitas terhadap bau ini dinamakan osmophobia. Bebauan lain yang bisa menyebabkan migren antara lain parfum, produk semprotan, penyegar udar , makanan yang digoreng, asap rokok, dan pembersih .

Dikutip dari Genius Beauty, yang menjadi masalah adalah kebanyakan kasus migren karena osmophobia seringkali tidak terdeteksi benda pemicunya.  Bau tersebut mempengaruhi saraf trigeminal sehingga menimbulkan peradangan. Bau juga bisa menginduksi terjadinya kontraksi pebuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda