Scroll to Top

Hybrid Memory Cube, Calon Pengganti DRAM

By Ivan Azzam / Published on Friday, 07 Oct 2011

RAM adalah salah satu komponen komputer yang menjadi bagian penting dari komputer, dan dari tipe RAM, yang paling sering digunakan adalah DRAM (digunakan di PC, laptop, notebook, dsb)

HMCTapi sayangnya, usia DRAM sudah cukup tua, karena telah ada sejak 1970, dan saat ini, teknologi menuntut untuk adanya komputer dengan performansi tinggi (contohnya adalah server cluster) dan DDR3 DRAM sudah tidak terlalu memadai, maka dari itu, dikembangkan jenis memori baru, oleh Samsung dan Micron, bernama Hybrid Memory Cube.

Hydric Memory Cube (atau HMC) diklaim memiliki kecepatan transfer 15x lipat dari DDR3 dan hemat energi hingga 70%, dengan ini, maka HMC berpotensial untuk kelas perusahaan besar (enterprise) dan teknologi cloud computing, dan tidak terlupakan, adalah desktop computer. Memori komputer perlu bekerja secara optimal, dan HMC berpotensi untuk itu.

Karena kemampuannya hemat energi dan bisa mengurangi memory footprint secara signifikan, maka HMC ideal untuk smartphone, tablet, Ultrabook dan lainnya.

Samsung dan Micron telah membuka konsorsium mengenai HMC ini dan menarik para pemain di bidang pengembangan memori untuk terlibat, dan jika lancar, spesifikasi HMC bisa diselesaikan dalam waktu setahun. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda