Maulid Nabi

Maulid Nabi 2014 menurut situs Kementeraian Dalam Negeri Kemendagri.org akan jatuh pada hari Selasa, 14 Januari 2014. Seluruh umat Islam di penjuru tanah air akan merayakan hari kelahiran Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam lima hari ke depan.

Maulid Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi atau Maulud saja adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata Maulid dalam Bahasa Arab bermakna hari lahir.

Perayaan Maulid Nabi merupakan sebuah tradisi yang telah berkembang dan mengakar di masyarakat Islam jauh sebelum beliau wafat. Perayaan ini bisa disebut sebagai ekspresi kegembiraan serta penghormatan pada sang nabi.

Di Indonesia pada perayaan hari lahir Nabi Muhammad SAW, masyarakat Muslim umumnya menyambut dengan lakukan perayaan keagamaan seperti membaca shalawat Nabi, membaca syair Barzanji serta pengajian. Di Yogyakarta, Maulid Nabi dirayakan dengan perayaan Sekaten.

Ada sebuah perbedaan pendapat dari kalangan ulama dalam memandang perayaan Maulid Nabi Muhammad. Beberapa ulama berpaham Salafi dan Wahhabi menganggap perayaan Maulid Nabi adalah sebuah bid’ah atau kegiatan yang bukan merupakan ajaran Nabi Muhammad SAW. Umat Muslim yang merayakannya dipandang keliru dan salah menafsirkan dari esensi kegiatannya.

Maulid Nabi tahun 2014 atau tahun ini jatuh pada tanggal 14 Januari 2014. Secara berturut-turut, Maulid Nabi di tahun-tahun sebelumnya yakni tahun 2013, 2012, 2011, dan 2010 jatuh pada tanggal 24 Januari, 5 Februari, 15 Februari, dan 26 Februari.