Share

Marc Marquez Juara Motogp Valencia 2013

Jadwal MotoGP 2014 yang menjadi penanda musim baru, akan dimulai sejak 23 Maret mendatang dalam Grand Prix Qatar yang berlangsung di Losail. Marc Marquez, sang rookie musim lalu sekaligus juara bertahan akan menjadi pembalap paling diincar dalam 19 seri yang digelar tahun 2014 ini. Grand Prix penutup adalah GP Valencia yang sedianya digelar pada 9 November mendatang.

FIM (Federation Internationale de Motorcyclisme sebenarnya sudah merilis rancangan jadwal pada 2 Oktober 2013 lalu. Kemudian, jadwal ini diperbarui per 13 Desember.

Perubahan terjadi pada tiga dari empat Grand Prix terakhir yang berlangsung di Asia Pasifik, yaitu GP Jepang, Australia, dan Malaysia.
Grand Prix Jepang digeser untuk digelar pada 12 Oktober. Sementara itu, GP Australia yang ebrlangsung di Phillip Island, akan dimajukan seminggu dari jadwal sebelumnya menjadi 19 Oktober.

Akan halnya Grand Prix Malaysia justru harus diundur. Sirkuit Sepang menjadi saksi pertarungan para pembalap kelas dunia pada 26 Oktober. Artinya, GP Malaysia menjadi balapan ke-18 dari 19 race ang digelar tahun ini.

Di MotoGP 2014 sendiri, akan ada dua seri yang digelar di Amerika Selatan. Selain balapan di Brazil pada 28 September, ada pula balapan di Argentina (Autodromo Termas de Rio Hondo) pada 27 April. Namun, race di Brazil masih menunggu persetujuan sirkuit. Sebagai gantinya, balapan di Laguna Seca, tak dilangsungkan tahun ini.

Berikut ini jadwal MotoGP 2014.

Tanggal Grand Prix Sirkuit
23 Maret Qatar* Doha/Losail
13 April Americas Austin
27 April Argentina Termas de Rio Hondo
04 Mei Spanyol Jerez de la Frontera
18 Mei Prancis Le Mans
1 Juni Italia Mugello
15 Juni Catalunya Barcelona- Catalunya
28 Juni Belanda TT Assen
13 Juli Jerman  Sachsenring
10 Agustus Indianapolis  Indianapolis
17 Agustus Republik Ceko Brno
31 Agustua Britania Raya Silverstone
14 September San Marino & Riviera di Rimini Marco Simoncelli Misano
21 September Aragon MotorLand
28 September Brazil Brasilia
12 Oktober Japan Motegi
19 Oktober Australia Phillip Island
26 Oktober Malaysia Sepang
09 November Valencia Ricardo Tormo-Valencia