Soraya Abdullah Bercadar, Ibunda Bertahun-Tahun Tertekan

Soraya Abdullah

Nama Soraya Abdullah saat ini memang tidak lagi populer. Setelah sempat tenar sebagai artis sinetron, Soraya Abdullah memilih meninggalkan dunia hiburan dan menjalani kehidupannya yang lebih religius.

Sejak 2007, Soraya sudah memutuskan untuk terus mengenakan cadar. Tapi siapa sangka bila pilihan hidupnya ini sempat membuat sang ibu tertekan bertahun-tahun. Bahkan, baru setahunan ini ibu Soraya bisa menerima keputusan putrinya untuk bercadar.

“Selama satu tahun ini ya sudah, udah nggak ada beban buat saya, tadinya beban,” kata beliau. “Waktu dia pakai (cadar) hati kecil saya terbebani. Kadang saya ngomong ‘Ray jangan pakai itu dong, teteh-teteh kamu belum pakai jilbab, (rambutnya) masih terurai, masih bolak-balik salon.”

Rasa tertekan yang dirasakan ibu Soraya sepertinya bisa dimaklumi. Bukan hanya karena Soraya jadi berbeda dari saudara-saudranya, tapi saat itu kaum muslim, khususnya wanita bercadar, pasti akan dipandang sinis.

Apalagi sekitar tahun 2009, Soraya sempat dikait-kaitkan dengan kasus terorisme. Meski begitu saat ini sang ibu mengaku bisa menerima Soraya karena ia melihat putrinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Saya senang, kayaknya dia lebih tenang kehidupannya, nggak seperti dulu (saat jadi artis),” katanya.

Soraya sendiri mengakui bahwa tantangan terberatnya dalam berjilbab dan bercadar adalah meyakinkan keluarga. Namun bagaimanapun juga Soraya tetap mantap bercadar karena ia yakin bahwa keputusannya adalah benar.

“(Tantangan) yang pertama, reaksi dari keluarga, yang berat keluarga. Untuk mendakwahkan keluarga justru yang paling berat” katanya.

Komentar Anda

Leave A Response