Scroll to Top

Stefano Domenicali Sarankan Perubahan Aturan Kualifikasi

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 08 Oct 2011

Stefano Domenicali Japan

Prinsipal tim Ferrari ,Stefano Domenicali, menyarankan adanya perubahan aturan dalam kualifikasi dan aturan penggunaan ban untuk memaksa semua mobil ambil bagian dalam kualifikasi Q3.

Seperti yang sudah-sudah, beberapa pembalap dari tim yang menganggap dirinya tidak memiliki kesempatan untuk merebut pole position memilih untuk tidak melakukan flying lap dengan alasan untuk menghemat ban. Hal serupa juga terjadi di GP Jepang kali ini.

Dengan tingginya tingkat degradasi ban di sirkuit Suzuka, para pembalap tersebut lebih memilih melakukan penghematan ban walaupun harus memulai balapan dari posisi sembilan atau sepuluh tanpa melakuakan sama sekali putaran.

Total ada empat pembalap yang gagal mencetak waktu pada kualifikasi Q3. Mereka adalah Bruno Senna, Vitaly Petrov, dan Kamui Kobayashi serta Michael Schumacher yang gagal melakukan flying lap karena kehabisan waktu.

Melihat fenomena semacam itu, Domenicali kemudian mengeluarkan pendapatnya.

“Tidak tepat bagi saya mengkritik mereka yang melakukan pilihan semacam ini, dimana harus secara mutlak dihormati dari sudut pandang teknis”, ujar Domenicali.

“Saya rasa ini memperlihatkan sesuatu yang tidak tepat kepada bagaimana seharusnya kualifikasi berjalan dan kita harus mencermati pengaruhnya kedepan, kerena saya pikir ini bukanlah sesuatu yang baik bagi penonton di grandstand yang saya katakan sangat luar biasa menunjukan semangatnya untuk Formula 1 dan bagi mereka yang menonton di televisi”.

Sebenarnya Pirelli sempat menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun beberapa tim menolak untuk menyetujuinya. Paul Hembery selaku direktur Pirelli motorsport tidak bisa berbuat banyak sebab bukan dia orang yang bisa mengubah peraturan di Formula 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda