Scroll to Top

Inilah Pasta-Pasta Khas Italia

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 19 Jan 2014

pasta italia

Italia kaya dengan berbagai makanan pasta. Spaghetti, fetucini, dan ravioli adalah beberapa masakan khas yang sudah cukup masyhur dikenal di berbagai negara. Dikutip dari Republika Online, masih banyak sebenarnya pasta yang cukup lezat untuk dinikmati.

Berikut ini tujuh makanan pasta Italia yang patut untuk dicoba:

  • Gnocchi. Makan gnocchi paling nikmat ditambah dengan saus tomat. Gnocchi dibuat dari kentang rebus yang telah dilumatkan lalu dipadukan dengan bahan pencampur terigu.
  • Tortelloni. Tortelloni adalah pasta berisi keju ricotta dan sayuran seperti bayam. Penyajiannya juga memakai saus tomat. Dari bentuknya, mirip seperti ujud pangsit.
  • Orecchiette. Pasta ini berukuran mini. Pasalnya, rata-rata dibuat dengan diameter dua sentimeter dan gepeng seperti lingkaran CD. Kebanyakan dimakan memakai saus sayuran yang kadang ditambahkan jamur dan polong-polongan.
  • Cannelloni. Pasta ini menyerupai makaroni yang berbentu pipa mini. Dalam penyajiannya memakai saus tomat yang selanjutnya dipanggang.
  • Cavatelli. Bentuk cavatelli mirip kerang kecil. Pengolahannya memakai paduan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kadang ditambah polonh-polongan.
  • Capellini. Pasta yang mirip spaghetti ini berukuran lebih tipis. Bentuk untain pastanya seperti rambut dengan tekstur sangat lembut. Sausnya berupa minya zaitu atau keju. Sering pula capellini disebut juga dengan “rambut malaikat”.
  • Farfalle. Kalau pernah melihat dasi kupu-kupu, seperti itulah bentuk farfalle. Pasta ini kerap dipakai untuk dicampur dengan salah dan diberi saus seperti minyak zaitun, mentega, dan keju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda