Scroll to Top

PR2: Robot Pintar Yang Siap Membantu Anda

By Melissa / Published on Sunday, 09 Oct 2011

PR2, robot pintar keluaran Willow Garage yang diciptakan untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia, semakin canggih saja.

Para pengembang dari Universitas Tokyo dan Universitas Teknologi Munchen telah berkolaborasi dalam menambah kemampuan PR2 untuk menemukan benda yang tidak dapat dilihat atau bahkan mungkin tidak berada di tempat itu.

Mirip seperti manusia, PR2 dapat mencari benda dengan berpikir dan mempertimbangkan kira-kira di mana lokasi barang yang sedang ia cari.

Seperti ketika kita sedang berada di rumah orang lain dan membutuhkan sendok, tentu kita akan otomatis mencarinya di dapur, bukan di kamar mandi.

Dengan menggunakan sistem “penelusuran semantik”, PR2 mengalkulasikan kemungkinan keberadaan barang yang ia cari di beberapa tempat. Jika ia tidak menemukannya di lokasi pertama, PR2 akan meneruskan pencariannya di lokasi kedua.

Video di bawah ini menayangkan seorang peneliti dari Universitas Tokyo yang sedang meminta PR2 untuk mengambilkan sandwich. PR2 lalu mencarinya di kulkas dan ketika ia tidak menemukan sandwich di sana, PR2 langsung pergi ke luar gedung untuk membeli sandwich di kios Subway!

Penalaran wajar atau pemikiran praktis seperti ini masih jarang dimiliki oleh robot-robot yang sedang dikembangkan. Kunci dari penelusuran semantik adalah mengetahui di mana keberadaan sandwich dan di lokasi mana saja kemungkinan sandwich ini ada.

Berdasarkan alasan ini, para peneliti mengenalkan peta-peta probabilitas yang menunjukkan bahwa kulkas dan Subway merupakan lokasi yang paling mungkin untuk menemukan sandwich.

Peta-peta ini dapat di-update, misalnya jika Subway kebetulan tutup, para peneliti dapat memodifikasi peta tersebut melalui iPad.

Penelusuran semantik merupakan ciptaan terbaru dari Intelligent Autonomous Systems milik TUM. PR2 sendiri menggunakan piranti lunak open-source bernama Robot Operating System (ROS) yang banyak dikembangkan oleh TUM.

Penelusuran semantik ini dapat dikombinasikan dengan paket kode lain yang tersimpan di ROS sehingga PR2 dapat membuatkan kita sarapan, mengambilkan minuman dan membersihkan meja dengan cara yang lebih efektif.

Tahun lalu, PR2 masih bergantung pada manusia untuk memutuskan gelas mana yang harus dicuci dan mana yang tetap dibiarkan di meja. Dengan meningkatkan spesifikasi penelusuran semantiknya, robot ini akan lebih selektif dalam mengambil keputusan, misalnya gelas yang masih setengah penuh belum perlu dicuci.

Kemampuan baru ini tentunya berguna jika manusia ingin menggunakan robot untuk membantu kehidupan mereka. Jika kita harus memberikan berbagai instruksi spesifik, seperti meminta PR2 untuk mengambil kue di kulkas rak kedua yang berada di dapur, tentunya akan lebih praktis jika kita mengambilnya sendiri.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah penggunaan robot personal seperti PR2 akan mampu memudahkan kehidupan sehari-hari kita?

(via Singularity Hub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda