Scroll to Top

Hasil Akhir F1 GP Jepang: Jenson Button Menang, Sebastian Vettel Amankan Juara Dunia

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 09 Oct 2011

Jenson_Button_wins_japan

Jenson Button keluar sebagai pemenang GP Jepang sementara Sebastian Vettel mengunci gelar juara dunia keduanya musim ini dengan finis di posisi ketiga di belakang Fernando Alonso.

Kemenangan mutlak menjadi milik Button yang tampil luar biasa sejak latihan bebas pertama GP Jepang dimulai. Button mampu mengubah ketidak beruntungannya di kualifikasi menjadi kemenangan di balapan yang diiringi permasalahan tingginya tingkat  degradasi ban.

Sukses Button tercatat merupakan yang pertama kalinya buat Mclaren memenangkan balapan di Jepang dalam kondisi kering.

Alonso yang tampil konsisten pada balapan kali ini mampu memenuhi asanya untuk bisa finis di podium. Strategi yang baik tanpa adanya kendala suatu apapun mengantarkan Alonso berada di depan Vettel saat keluar dari pit stop ketiganya pada balapan ini.

Alonso sempat mendapatkan ancaman dari Vettel di posisi ketiga tak lama setelah itu, akan tetapi ia mampu mengatasinya dan mencoba untuk memangkas jarak dengan Button yang berada di depannya.

Usaha Alonso terlihat akan berhasil setelah secara perlahan jarak waktu antara dirinya dan Button berkurang dari selisih 5 detik menjadi tinggal 1.5 detik. Akan tetapi Button yang menyadari hal itu kemudian merespon. Alonso pun harus puas finis di posisi kedua.

Sebastian Vettel yang frustasi akibat gagal menyalip Alonso dalam beberapa kesempatan memilih bermain aman di posisi ketiga. Dengan hasil tersebut Vettel berhak mengunci gelar juara dunianya yang kedua sekaligus mencatatkan diri sebagai pembalap termuda yang berhasil juara dunia dua kali berturut-turut menggeser rekor sebelumnya yang di pegang oleh Alonso.

Di belakang Vettel, Mark Webber berhasil finis di posisi keempat setelah memanfaatkan pit stop keduanya dengan sangat baik untuk melompat ke posisi empat didepan Lewis Hamilton. Michael Schumacher yang tampil cukup kompetitif mampu menempatkan dirinya di posisi enam memisahkan dua pembalap kontroversial yakni Hamilton di posisi lima dan Massa di posisi tujuh.

Kedua pembalap tersebut sempat kembali terlibat kontak usai melakukan pit stop kedua, sama seperti yang terjadi di Singapura. Akan tetapi pada balapan kali ini tidak ada penalty yang dijatuhkan kepada kedua pembalap setelah insiden tersebut dianggap murni kecelakaan oleh pengawas lomba.

Sergio Perez dari Sauber Ferrari mampu tampil mengejutkan setelah mampu finis di posisi ketujuh menggunakan strategi dua kali pit stop. Perez malah sempat menorehkan waktu tercepat sebelum lomba  selesai. Namun, catatan waktunya tersebut kembali dipertajam oleh Button yang kala itu mencoba keluar dari tekanan Alonso.

Sementara Vitaly Petrov dan Nico Rosberg melengkapi posisi sepuluh besar pada balapan kali ini. Nasib tidak beruntung didapatkan oleh jagoan tuan rumah, Kamui Kobayashi. Kobayashi yang memulai balapan dari posisi tujuh harus kehilangan kesempatan mendulang poin akibat kegagalannya melakukan start dengan baik.

Hasil Akhir Formula 1 GP Jepang, Sirkuit Suzuka:

  1.   Button        McLaren-Mercedes           1:30:53.427
  2.   Alonso        Ferrari                    +     1.160
  3.   Vettel        Red Bull-Renault           +     2.006
  4.   Webber        Red Bull-Renault           +     8.071
  5.   Hamilton      McLaren-Mercedes           +    24.268
  6.  Schumacher    Mercedes                   +    27.120
  7.   Massa         Ferrari                    +    28.240
  8.   Perez         Sauber-Ferrari             +    39.377
  9.   Petrov        Renault                    +    42.607
  10.   Rosberg       Mercedes                   +    44.322
  11.   Sutil         Force India-Mercedes       +    54.447
  12.   Di Resta      Force India-Mercedes       +  1:02.326
  13.   Kobayashi     Sauber-Ferrari             +  1:03.705
  14.   Alguersuari   Toro Rosso-Ferrari         +  1:04.194
  15.   Maldonado     Williams-Cosworth          +  1:06.623
  16.   Senna         Renault                    +  1:12.628
  17.   Barrichello   Williams-Cosworth          +  1:14.191
  18.   Kovalainen    Lotus-Renault              +  1:27.824
  19.   Trulli        Lotus-Renault              +  1:36.140
  20.   Glock         Virgin-Cosworth            +    2 laps
  21.   D’Ambrosio    Virgin-Cosworth            +    2 laps
  22.   Ricciardo     HRT-Cosworth               +    2 laps
  23.   Liuzzi        HRT-Cosworth               +    2 laps

 

Retirements:

  • Buemi   Torro Rosso Ferrari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda