Scroll to Top

Sandro Rosell: Apa Pun Akan Dilakukan Demi Mempertahankan Josep Guardiola

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 09 Oct 2011

Josep Guardiola

Josep Guardiola adalah fenomena. Tiga tahun melatih Barcelona, tiga kali pula ia membawa Azulgrana untuk menjuarai La Liga.

Seandainya tidak ada letusan Gunung Eyjafjallajokull yang membuat Barcelona melakukan perjalanan darat ke Milan, barangkali Pep Guardiola akan membuat timnya menjuarai Liga Champions tiga kali berturut-turut.

Namun, keberhasilan dalam genggaman tangan ini tak membuat Guardiola ingin menutup karier kepelatihannya di Barcelona. Ia tidak berpikir untuk menjadi Sir Alex Ferguson yang lebih dari 20 tahun menangani Manchester United.

Buktinya, alih-alih memilih kontrak permanen beberapa tahun, Guardiola senantiasa menandatangani kontrak setahun demi setahun. Guardiola menegaskan, “Setiap hari, saya selalu berpikir esok hari meninggalkan klub ini. Saya bekerja lebih baik ketika memiliki kebebasan untuk menentukan masa depan. Terikat kontrak sekian lama bisa membuat saya gugup dan mungkin melenyapkan gairah (memenangkan gelar).”

Menanggapi sang pelatih yang berhati-hati dengan kontrak, Sandro Rosell, presiden Barcelona justru berpikir sebaliknya. Ia berjanji akan melakukan segala cara untuk mempertahankan Pep. Katanya, “Guardiola adalah orang yang kami idam-idamkan. Kami sangat menghargainya. Sejauh pemantauan kami, ia adalah pelatih terbaik. Yang paling penting, ia adalah seorang cule (pendukung Barcelona). Kami akan menempuh apa pun agar Pep tidak berkata tak ingin bertahan lama di klub.”

Guardiola sendiri memang dilirik banyak klub. Awal musim ini, ia pernah diisukan sudah resmi akan berlabuh di Internazionale Milan musim depan. Bukan tidak mungkin pula Guardiola akan menangani klub di Liga Qatar. Mengingat, Pep pernah berada di liga tersebut ketika menjadi pemain profesional.

Namun, sebesar apa pun keinginan Guardiola untuk bebas, ia akan terbentur satu hal. Klub mana lagi di dunia ini yang mampu menerjemahkan instruksinya dengan baik kecuali Barcelona?

One thought on “Sandro Rosell: Apa Pun Akan Dilakukan Demi Mempertahankan Josep Guardiola”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda