Pengumuman CPNS K2 Mundur Tanggal 4 Februari 2014

CPNS 2013

Pengumuman CPNS K2: Peserta CPNS Honorer Kategori 2 (K-2) mesti bersabar lagi. Pasalnya, pemerintah lewat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) baru akan mengumumkan hasil tes CPNS untuk kategori tersebut pada 4 Pebruari 2014. Pengumuman ini bakal dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Awalnya, pemerintah berencana mengumumkan bulan Januari 2014.

“Rencananya akan diumumkan pada 4 Februari 2014. Mundur dari jadwal pada akhir Januari karena ada beberapa hal yang harus dicek lagi,” kata Herman Suryatman, ┬áKepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, seperti dikutip laman Liputan6.

Ada jutaan pelamar yang mengikuti tes ini. Lowongan yang dibuka terdiri dari tenaga teknis/administratif,  tenaga pendidik, dan tenaga penyuluh atau kesehatan. Total peserta yang ikut tes CPNS tenaga honorer K-2 mencapai 1,2 juta orang. Padahal jumlah kebutuhan SDM untuk semua formasi hanya tersedia lebih dari 200 ribu kursi per tahun.

Semua formasi ini tersebar di 39 instansi pusat, 32 provinsi, dan 484 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. SDM yang ikut serta rata-rata 77 persen tenaga honorer K-2 dengan pendidikan maksimal SMA dan usinya kebanyakan di bawah 35 tahun.

“Kami (Panselnas) harus mengolah Lembar Jawaban Komputer (LJK) sebanyak 1,2 juta peserta sampai dengan saat ini. Namun estimasi formasi yang dibutuhkan sekitar lebih dari 200 ribu per tahun,” kata Eko Sutrisno, Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Komentar Anda

Leave A Response