Share

Pengumuman CPNS K2 2013 Honorer Kategori 2 Awal Februari

Pengumuman hasil seleksi CPNS jalur honorer Kategori 2 (K2) akan berlangsung pada Selasa, 4 Februari 2014. Artinya, pengumuman hasil ujian TKD ini mengalami kemunduran dari jadwal yang seharusnya, yaitu pada akhir Januari 2014.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Herman Suyatman. Kepada Liputan6.com ia menuturkan ada beberapa kendala yang membuat pengumuman tersebut tertunda.

“Rencananya akan diumumkan pada 4 Februari 2014. Mundur dari jadwal pada akhir Januari karena ada beberapa hal yang harus dicek lagi.”

Sementara itu, Kepala BKN (Badan Kepegawaian Nasional), Eko Sutrisno, menjelaskan bahwa jumlah pelamar tes CPNS  tenaga honorer mencapai 1,2 juta peserta. Hanya seperenam saja yang dibutuhkan dalam estimasi formasi.

“Kami (Panselnas) harus mengolah Lembar Jawaban Komputer (LJK) sebanyak 1,2 juta peserta sampai dengan saat ini. Namun estimasi formasi yang dibutuhkan sekitar lebih dari 200 ribu per tahun.”

Dari jumlah yang nantinya lolos tersebut, para CPNS yang terpilih akan disebar ke 39 instansi pusat, 32 provinsi dan 484 kabupaten/kota. Artinya, para pelamar yang lolos akan mengisi 555 instansi sesuai dengan formasi yang disediakan, yaitu tenaga teknis/administratif, tenaga pendidik, dan tenaga penyuluh/kesehatan.

Sebagian besar dari tenaga hononer K-2, disebut oleh Eko Sutrisno memiliki tingkat pendidikan teratas SLTA. Jumlahnya mencapai 77%. Akan halnya bila dibuat rerata, usia tenaga honorer tersebut berkisar di usia 35 tahun.