Scroll to Top

Dart, Bahasa Pemrograman Baru Buatan Google

By Ivan Azzam / Published on Monday, 10 Oct 2011

Google hari ini melakukan “early preview ” terhadap Dart, bahasa pemrograman yang dibuat Google dengan harapan memudahkan programmer aplikasi web mengatasi beberapa kesulitan JavaScript yang dirasa Google akut.

Dart logo

Programmer dan pemimpin proyek ini, Lars Bak menjelaskan secara detil mengenai proyek ini di konferensi Goto di Denmark, hari ini dan dalam sebuah post di blog resmi. Dart dibuat dan ditujukan untuk membuat sesuatu dari yang kecil, dan proyek terstruktur ke sesuatu yang besar.

Google juga telah menyingkap situs tentang Dart termasuk alat open-source untuk menulis aplikasi Dart, contoh kode, tutorial, librari dari aplikasi pendukung, spesifikasi Dart, dan forum berdiskusi.

Meski diklaim berfungsi seperti layaknya Javascript, Bak mengatakan bahwa bahasa ini tidak akan menggantikan Javascript.

Tujuan bahasa pemrograman Dart adalah:

  • Membuat bahasa pemrograman web terstruktur dan fleksibel
  • Membuat Dart menjadi familiar dan natural digunakan di kalangan web programmer karena mudah digunakan
  • Dart memberikan performa tinggi di segala browser modern dan segala lingkungan mulai dari handheld device dan server
Bak mengatakan Dart masih membutuhkan umpan balik pengguna. Program Dart juga bisa dijalankan di Dart virtual machine untuk diuji coba (via CNET)

One thought on “Dart, Bahasa Pemrograman Baru Buatan Google”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda