Scroll to Top

Formula 1 GP Korea: Preview Sirkuit Internasional Korea

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 11 Oct 2011

Korean International CircuitTanpa jeda terlalu lama, para tim peserta Formula 1 harus bersiap menghadapi balapan di Korea Selatan, Negara yang terletak tidak jauh dari Jepang tempat dilaksanakannya balapan di Suzuka lalu.

Sirkuit Internasional Korea menjadi tempat dimana balapan selanjutnya akan digelar. Tahun ini adalah tahun kedua Sirkuit tersebut menjadi tuan rumah balap Formula satu setelah sempat melalui musim perdana yang bisa dibilang kurang memuaskan Oktober musim lalu.

Terletak di Yeongam,  Sirkuit ini dirancang oleh desainer sirkuit kenamaan, Hermann Tilke, yang juga menjadi perancang dua sirkuit sebelumnya yakni Singapura dan Jepang. Sirkuit ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian temporer dan bagian permanen.

Bagian temporer khusus digunakan pada balapan Formula 1 dimana pada bagian ini bisa dibilang merupakan sebuah sirkuit jalanan. Sementara bagian permanen adalah bagian yang biasa digunakan untuk menggelar balapan-balapan lain selain Formula 1.

Sirkuit Internasional Korea terkenal dengan lintasan lurus terpanjangnya yang bisa mencapai 1.2 km yang dikenal dengan nama Mammoth. Lintasan tersebut merupakan  lintasan lurus terpanjang dibandingkan dengan sirkuit Formula 1 lainnya di Asia.

Ini juga merupakan salah satu sirkuit di kalender Formula 1 yang mengadopsi arah yang berlawanan dengan jarum jam. Setidaknya 130.000 kursi disediakan bagi penggemar setia Formula 1 di Korea. 16.000 diantaranya adalah sebagai grandstand utama.

Korea_international_circuit_layoutProfil Sirkuit

  • Nama : Korean International Circuit
  • Panjang : 5.6 km
  • Jumlah Tikungan : 18
  • Perkiraan Jumlah Putaran : 55 putaran
  • Rekor Putaran : 1:50.257 – Fernando Alonso (2010)
  • Juara 2010 : Fernando Alonso (Ferrari)

Jadwal Balap

  • Jumat, 14 Oktober  :Latihan Bebas 1 (08.00 WIB), Latihan Bebas 2 (12.00WIB)
  • Sabtu, 15 Oktober : Latihan Bebas3 (09.00 WIB), Kualifikasi (12.00 WIB)
  • Minggu, 16 Oktober : Balapan (13.00 WIB)

Red Bull Preview Sirkuit Internasional Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda