Scroll to Top

Karyanya Tak Orisinal

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 11 Oct 2011

Logo Apple dimana gigitan buah yang terdapat di dalamnya berupa siluet kepala Steve Jobs yang mendapatkan ‘buzz’ sangat banyak di internet mengikuti kematian pendiri perusahaan gadget terkemuka di Amerika itu ternyata bukan karya orisinal. Jonathan Mak sebagai, siswa seklah desain dari Hong Kong mengakui kebenaran ini Senin lalu.

Mahasiswa berusia 19 tahun itu ungkap bahwa dia bukanlah orang pertama yang memunculkan logo fenomenal itu. Dia mengungkapkan hal ini setelah berkomentar dalam salah satu akun Twitter seorang deasiner Inggris yang dikenal sebagai ‘Raid71′ yang mengklaim bahwa dialah yang pertama kali menciptakan logo ini Mei lalu.

Karya Mak Dinilai Tak Orisinal

Desain logo yang di sebarkan Mak di Internet beberapa waktu setelah berita meninggalnya Jobs memang menyebar cepat bagai api menyambar hutan di musim kemarau. Logo ini mengundang banyak simpati dari kalangan pecinta Steve Jobs. eBay pun menjual kaos yang bergambar logo ini. Bahkan bintang Hollywood Ashton Kutcher menggunakannya sebagai foto profil dalam akun Twitternya.

Mak, salah satu mahasiswa dari Hong Kong Polytechnic University School of Design segera mengakui bahwa memang ini bukan asli karyanya naun dia juga melakukan pembelaan bahwa dia tidak bermaksud mencuri dari kreator aslinya.

Seperti halnya desain yang dikeluarkan oleh Mak, desainer Inggris yang menyatakan bahwa dialah pemilik desain itu memberikan informasi bahwa dia membuat logo yang sama akan tetapi dengan ukuran yang berbeda dari milik Mak.

“Saya datang dengan solusi yang sesuai dengan kepribadian diri saya , serta hati nurani yang jelas. Tapi saya senang bahwa kenyataannya masih ada orang yang memang membuat logo itu sebelum saya,” demikian tutur Mak saat diwawancarai oleh Reuters.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda