Scroll to Top

Google+ Bisa Kalahkan FB Dengan ‘Customized Sharing’ Tools-nya

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 11 Oct 2011

Suka atau tidak situs jejaring sosial saat ini sudah menjadi bagian dari gaya kehidupan modern. Sosial Media bukan menjadi sebuah forum dimana orang mengumumpan tentang kegiatan sehari-harinya. Namun saat ini sudah menjadi tempat untuk berbagi apa saja, baik musik, blog, buku bacaan, hingga daftar barang belanjaan yang lagi sale.

Ide untuk bisa membagikan hal-hal yang kita minati ke kalayak umum menjadi salah satu daya tarik situs jejaring sosial. Banyak orang menganggap ini adalah gaya baru dari bentuk perbincangan yang dilakukan secara offline. Oleh sebab itulah baik Facebook, Twitter, dan yang baru saja di rilis Google+ sangat diminati oleh masyarakat.

Google+ vs FB siapa yang menang?

Memang sih Google+ belum bisa dianggap sebagai saingan Facebook, atau malah bisa mengalahkan situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu. Akan tetapi tahukah Anda bahwa pertumbuhan Google+ saat di luncurkan pertama kalinya bergerak lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan Facebook di masa awal berdirinya.

Namun setidaknya Google+ masih memiliki senjata rahasia yang bisa dipakai untuk mengungguli saingannya tersebut. Google+ menyediakan ‘Customized Sharing’ atau jika dibahasa Indonesiakan menjadi ‘Alat berbagai yang dapat dikostumasisasikan’.

Jadi alih-alih kita membagi berita kita kesemua orang yang ada di jaringan kita seperti yang biasa ada di Facebook. Google menyediakan tools untuk bisa memilah kepada siapa berita ini akan kita ‘sharing’.

Misalnkan dalam akun Google+ kita membagi teman dalam berbagai jenis ‘cricle’. Nah jika kita memiliki beberapa circle seperti komunitas teknologi dan blog, komunitas musik, circle bisnis, dan lain sebagainya. Maka jika kita memiliki adaberita teknologi terbaru maka kita bisa membaginya dengan memberi batasan terhadap circle yang berhubungan dengan teknologi, sedangkan circle yang lain tak akan bisa melihat hal yang Anda bagi ini.

Begitu pula jika Anda punya berita tentang musik, yang mungkin bisa Anda bagi dengan circle teman penyuka musik atau circle bisnis yang kemungkinan tidak keberatan mengenai hal ini.

Bagian yang penting disini adalah, kontrol atas sharing yang kita lakukan sepenuhnya berada di tangan kita. Jadi siapa-siapa saja yang bisa melihat ‘sharing-an’ Anda sepenuhnya Anda yang menentukan. Satu hal lagi yang tidak dimiliki Facebook tapi dimiliki Google+, apa itu? Yep, Google+ sudah terintegrasi dengan jaringan Googlee seperti Youtube, Blogger, Gmail, dan lainnya hingga memudahkan dan membuat banyak pilihan untuk apa yang bisa Anda ‘share’ ke orang lain.

Jadi apakah Google+ bisa unggul dibandingkan dengan Facebook? Kita tunggu saja ya waktu yang menentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda