Scroll to Top

Sprite, Satelit Ruang Angkasa Terkecil Di Dunia

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 11 Oct 2011

Mahasiswa pascasarjana Cornell University jurusan aerospace engineering, Zac Manchester menginginkan manusia bereksplorasi luar angkasa secara pribadi, maka dari itu, dia mengumpulkan dana untuk bisa meluncurkan 100 satelit kecil, yang diberi nama Sprite, seukuran chip ke luar angkasa.

Sprite

Dia dan beberapa rekanan lainnya telah membuat satelit bernama Sprite, Manchester menyebutnya sebagai pesawat ruang angkasa terkecil. Alat ini menggunakan tenaga sel surya, radio transceiver, dan mikrokontroler dan menjadi sebuah microchip silikon.

Tujuan Manchester adalah dia berusaha mengumpulkan dana sebesar $30.000 di Kickstarter jadi dia bisa mengirim sebanyak mungkin Sprite ke orbit demi mendemonstrasikan bahwa nantinya bisa menjadi perangkat yang aman digunakan.

Menurut laman proyek ini, versi pertama pesawat kecil ini baru bisa mentransmisikan namanya saja, dan beberapa bit data tapi di masa depan nanti, segala fungsi bisa dilakukannya, mulai dari thermometer hingga kamera.

Jika ada yang khawatir terhadap sampah luar angkasa yang dikhawatirkan, satelit ini baru diluncurkan di orbit ketinggian rendah jadi mereka akan kembali ke atmosfir bumi beberapa hari setelah peluncuran. Meski memang baru beberapa langkah sederhana yang baru bisa dilakukannya, Manchester berharap ini menjadi langkah awal untuk memudahkan akses siapapun nantinya ke luar angkasa. (via CNET)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda