Scroll to Top

Kualifikasi Euro 2012 Inggris vs Swiss: 2-2

By Wan Faizal / Published on Sunday, 05 Jun 2011

Inggris gagal meraih angka penuh dalam lanjutan kualifikasi Euro 2012 setelah ditahan imbang Swiss 2-2 di Stadion Wembley, Sabtu (4/6/2011) malam WIB.

Swiss mampu unggul dahulu lewat dua gol hasil free-kick Tranquillo Barnetta. The Three Lions baru bisa memperkecil ketinggalan setelah Frank Lampard sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke 37. Inggris pun akhirnya selamat berkat gol dari Ashley Young di awal babak kedua.

Dengan tambahan satu angka ini, Inggris masih memuncaki klasemen sementara Grup G dengan raihan 11 poin. Sementara tim asuhan Ottmar Hitzfeld menempati peringkat ketiga dengan 5 poin.

Jalannya pertandingan

Menghadapi Swiss dalam lanjutan kualifikasi Euro 2012 Grup G, Fabio Capello menurunkan semua pemain-pemain terbaiknya. Posisi kiper dipercayakan pada Joe Hart. Kuartet defender diisi Glen Johnson, Rio Ferdinand, John Terry, dan Ashley Cole. Lini tengah dipercayakan pada Scott Parker, Jack Wilshere, Frank Lampard, James Milner, dan Theo Walcott. Sementara itu Darren Bent berdiri sendirian di depan.

Pada 20 menit pertama, lini tengah Inggris seperti kebingungan dalam membangun serangan. Mereka bahkan juga kalah bersaing dengan lini tengah Swiss yang malam itu diisi oleh Gokhan Inler, Granit Xhaka, Valon Behrami, Tranquillo Barnetta, dan Xherdan Shaqiri. Terbukti, dalam kurun waktu tersebut Swiss lebih banyak mengancam gawang Joe Hart. Tercatat mereka mendapatkan beberapa peluang lewat tendangan Inler, Shaqiri, Barnetta, dan Eren Derdiyok. Hanya karena kecermelangan Hart, gawang Inggris masih selamat. Sementara Inggris hanya memperoleh satu peluang apik lewat umpan silang Darren Bent pada Walcott yang masih mampu dihalau Philippe Senderos.

Swiss mampu unggul lebih dulu di menit 32. Tendangan bebas Tranquillo Barnetta dari sisi kanan pertahanan Inggris tak mampu dihalau Joe Hart dan mulus meluncur ke dalam gawang Inggris.

Tiga menit berselang, kembali Barnetta menjadi mimpi buruk skuad asuhan Fabio Capello. Tendangan bebas pemain Bayer Leverkusen ini dari sudut sempit di kanan pertahanan Inggris mampu dimaksimalkannya dengan baik.

Inggris pun tersengat. Dua menit setelah gol kedua Barnetta, Inggris mampu menipiskan skor. Berawal dari akselerasi Jack Wilshere di kotak penalti Swiss yang dihentikan secara ilegal oleh Johan Djourou. Tanpa ampun wasit Damir Skomina pun menunjuk titik putih. Dan Frank Lampard menjalankan tugasnya dengan baik.

Babak kedua Inggris mengganti strateginya. Ashley Young masuk menggantikan Frank Lampard. Sebuah perjudian yang sukses dari Fabio Capello. Karena Young mampu menyamakan skor untuk Inggris di menit 51. Berawal dari kerjasama yang apik antara James Milner dan Leighton Baines di sisi kiri, tendangan first-time Young tak mampu dihalau kiper Swiss, Diego Benaglio.

Di sisa menit pertandingan, kedua tim silih berganti saling menyerang, tapi tetap tak ada gol yang tercipta. Peluang terbaik Inggris datang dari Bent. Tapi sayang ia tak mampu menyelesaikan bola rebound hasil sepakan Young.

Final score: England 2-2 Switzerland

Susunan pemain:

Inggris: Hart, Glen Johnson, Ferdinand, Terry, Ashley Cole (Baines 30′), Parker, Wilshere, Lampard (Ashley Young 46′), Milner, Walcott (Downing 78′), Bent

Swiss: Benaglio, Lichtsteiner, Djourou, Senderos, Ziegler, Inler, Behrami (Dzemaili 59′), Xhaka, Barnetta (Emeghara 90′), Shaqiri, Derdiyok (Mehmedi 75′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda