Scroll to Top

Macam-Macam Rendang, dan Rahasia Kelezatannya

By C Novita / Published on Wednesday, 05 Feb 2014

Rendang-paru

Rendang adalah masakan khas daerah Sumatra Barat, yang rasanya lezat dan banyak disukai oleh orang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dunia. Ini terbukti dengan masuknya rendang sebagai salah satu makanan paling enak di dunia.

Tak hanya dibuat dari aneka bumbu dan rempah yang kaya rasa, namun rendang ternyata menyimpan rahasia tersendiri agar bisa jadi begitu gurih dan nikmat di lidah. Ade Taufik, pemilik usaha Rendang Nikmat di Payakumbuh, membocorkan rahasia mengapa rendang khas Padang sangat lezat.

Tak hanya dari bumbu beraneka ragam yang digiling dengan gilingan batu (batu lado) secara manual, rendang juga akan lebih gurih bila santannya melimpah. Pada berbagai rumah makan di Payakumbuh, memasak rendang dengan kayu bakar akan membuat rasa khasnya berbeda dengan memasak rendang menggunakan kompor gas.

Kuali yang digunakan juga adalah kuali tebal sehingga panasnya bagus untuk mematangkan daging. Tak heran, rendang Payakumbuh dikenal khas lezatnya, bahkan dibanding daerah lain di Sumatra Barat.

Dilansir oleh Tempo.co, ada beberapa jenis rendang yang mungkin beberapa di antaranya sudah tak dikenal orang karena jarang dibuat.

Pertama adalah rendang lumek, berbahan daging ikan gabus serta daun kayu. Dinamakan rendang lumek sebab semua bahan akan dimasak hingga kering dan lumat. Kemudian rendang telur, dibuat dari telur dicampur tepung, dikukus lalu dipotong kecil. Kini rendang telur banyak memakai telur yang didadar.

Lalu ada pula rendang runtiah, berupa daging yang disuwir-suwir kecil. Juga rendang paru, rendang belut, serta rendang ikan. Saat ini rendang lumek jarang bisa ditemui sebab agak sulit mencari ikan gabus dalam jumlah banyak. Namun di Payakumbuh Anda masih bisa menjumpai aneka rendang tersebut, karena rumah makan khas masakan Padang di sana masih menyediakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda