Scroll to Top

Signori Masuk Penjara?

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Jun 2011

Masih ingat dengan mantan striker Lazio dan Bologna, Giuseppe Signori? Pria yang kini berusia 43 tahun ini pada 1 Juni 2011 kemarin ditangkap polisi dengan alasan terlibat dalam skandal pengaturan skor pertandingan.

Signori tidak sendirian. Ada beberapa pemain yang ikut diciduk pada waktu yang sama. Mereka adalah Mauro Bressan (mantan pemain Fiorentina), Cristiano Doni (mantan punggawa utama Atalanta), dan Stefano Bettarini (mantan pemain Fiorentina dan Sampdoria).

Ditangkapnya mantan pemain Serie A berkaitan dengan skandal pengaturan skor ini mengingatkan kita pada kasus calciopoli yang terungkap pada musim 2005/2006. Kala itu AC Milan, Lazio, Fiorentina, dan Juventus, empat dari tujuh klub seven magnificent, mendapat hukuman keras karena terlibat dalam hal ini.

Juventus bahkan mesti merangkak dari Serie B, seumur-umur baru kali ini mereka terdegradasi dan dengan cara yang tidak biasa. Mahkota juara yang didapatkan Juventus diberikan kepada Inter Milan.

Jika Signori, Bressan, Doni, dan Bettarini berhasil dibuka suaranya, bukan tidak mungkin klub-klub lain ikut terkena imbas. Misalnya, Inter Milan. Pada 2008 sebenarnya ada beberapa bukti yang memungkinkan Inter Milan terancam dicabut gelar scudettonya.

Pertanyaannya, apakah hari-hari suram akan kembali menyelimuti sepakbola Italia berdasarkan penangkapan ini? Ataukah hanya klub-klub kecil, sesuai dengan pemain yang ditangkap, yang akan terhukum?

Sebagai catatan, timnas Italia berhasil mendapatkan dua Piala Dunia terakhir mereka (1982 dan 2006) setelah melalui skandal pengaturan skor. Akankah kejadian ini akan berdampak pada prestasi Italia di Euro 2012?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda