Scroll to Top

Blackberry Jakarta Bakal Diproduksi di Marunda, Foxconn Pilih Jakarta Dibanding Jogja

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 08 Feb 2014

Blackberry Jakarta

Blackberry Jakarta kemungkinan besar akan diproduksi di Marunda. Sebab, Foxconn akhirnya lebih memilih Jakarta dibanding kota-kota lain yang sempat dilirik. Sebut saja Jogja dan Banten.

Hon Hai Precision Industry Co Ltd atau Foxconn putuskan memilih Ibukota Indonesia ini atas dasar keseriusan Pemerintah DKI Jakarta. Tak tanggung-tanggung, sang gubernur langsung turun tangan untuk tunjukkan bagaimana seriusnya Jakarta.

“Minggu lalu Gubernur Jokowi mengirim tim ke Taiwan untuk mengkonfirmasi apakah saya akan investasi di Jakarta atau tidak, Jokowi begitu serius.Tak hanya sebatas bicara,” ujar Terry Gou, Chairman Foxconn.

Senter dikabarkan jika Foxconn akan memilih Yogyakarta sebagai basis manufaktur perangkat yang mereka rakit. Media lokal gencar memberitakan bagaimana keseriusan Foxconn tatkala melirik ‘Kota Pelajar’ itu. Nama Banten juga disebut dalam bidikan mereka.

Sementara itu juru bicara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Eko Hariadi mengatakan jika basis produksi Foxconn akan dibangun di Jakarta Utara. Bahkan, kesepakatan antara keduanya sudah terjadi Jumat (07/02/14) kemarin.

“Penandatanganan kesepakatan antara Foxconn dengan Gubernur Joko Widodo ditandantangani Jumat,” ujarnya.

Dalam 3 hingga 5 tahun ke depan, Foxconn akan berinvestasi sekurangnya USD 1 miliar atau setara Rp 12 triliun. Foxconn menilai jika pembangunan manufaktur di Indonesia sangatlah vital.

“Pembangunan pabrik Foxconn di Jakarta sangat penting untuk memberikan nilai tambah, sehingga Indonesia tak hanya mengekspor bahan mentah,” jelas Terry.

Bahkan, Chariman Foxconn itu juga memuji Indonesia. Daftar negara teratas negara investasi, kata dia, ada di Rusia, China, AS, Meksiko, Brasil, dan India. Namun, masa depan Foxconn dimulai di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda