Scroll to Top

Hati-Hati Dengan Permen Karet Bebas Gula

By Ika / Published on Wednesday, 12 Oct 2011

mengunyah permen karet

Permen karet pernah disebut-sebut sebaga jenis permen yang bersahabat dengan gigi, khususnya permen karet bebas gula. Permen karet ini diduga mampu membersihkan permukaan gigi dari sisa-sisa makanan, sehingga kebersihan gigi tetap terjaga. Bahkan tak sedikit para dokter gigi yang menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula setelah makan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan gigi.

Namun baru-baru ini terdapat penelitian di Inggris yang mengatakan bahwa ternyata permen bebas gula ini memiliki dampak negatif tersendiri pada gigi. Penelitian lain lalu dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Boston, Helsinki, dan South Nevada. Mereka khususnya meneliti produk yang digunakan sebagai pengganti gula pada permen karet bebas gula.

Seperti yang selama ini diketahui, kelompok pengganti gula alkohol atau poliol, termasuk xylitol dan sorbitol yang dikatakan mampu menurunkan resiko gigi berlubang. Namun para penliti juga menambahkan bahwa produk pengganti gula pada permen karet bebas gula tersebut dapat meningkatkan keasaman mulut yang bisa berakibat mengikis enamel gigi, terutama bila permen karet tersebut mengandung rasa buah-buahan.

Seperti yang kita ketahui, enamel gigi adalah lapisan keras yang melindungi gigi. Bisa dibayangkan apabila enamel gigi kita terkikis dan lama-lama menipis, tentu akan berdampak buruk pula pada kesehatan gigi kita.

Dari penelitian tersebut bisa diketahui bahwa kelompok pengganti gula alkohol dalam permen karet bebas gula tidak selamanya ramah terhadap gigi kita karena mereka memiliki efek samping tersendiri.

“Masyarakat harus tahu bahwa ada resiko pengikisan gigi yang disebabkan asam aditif, juga adanya efek samping seperti gangguan lambung dan diare osmotik,” kata para peneliti tersebut.

Setelah adanya penelitian tentang adanya efek samping yang berbahaya dari permen karet bebas gula tersebut, pernyataan lain datang dari seorang juru bicara perusahaan permen karet Wrigley. Ia mengatakan bahwa permen karet bebas gula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi.

“Orang-orang tidak perlu khawatir dengan isu-isu dari laporan ilmiah tersebut, kecuali mereka mengkonsumsi permen karet bebas gula dalam jumlah besar,” ia menambahkan.

Profesor Damien Walmsley dari British Dental Association juga memberi pernyataan bahwa sangat penting untuk berhati-hati terhadap segala jenis makanan yang mengandung rasa atau asam buah.

“Mengunyah permen karet bebas gula sesudah makan dapat mengurangi resiko pembusukan gigi. Namun bila Anda tidak ingin mengalami pengikisan gigi, sebaiknya jangan memilih produk yang mengandung rasa buah,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa yang paling penting adalah selalu menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride dan rutin ke dokter gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda