Scroll to Top

Brutus: Motor Garang Berenergi Listrik

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 12 Oct 2011

brutus

Si Brutus ini tampilan bodinya segarang motor Harley. Besar dan terlihat gagah. Cocok untuk menambah performa penampilan pemiliknya. Bedanya, mesinnya tidak menggunakan bahan bakar minyak. Seluruhnya memakai tenaga listrik yang ramah lingkungan.

Penciptanya Chris Bell. Dia menciptakan karyanya di garasi dan bukan di pabrik seperti kebanyakan produk otomotif. Menurut Chris, dalam situsnya brutusmotorcycle.com, pemakaian nama Brutus terinspirasi dari nama pembunuh yang terkenal sepanjang sejarah. Sehingga, motor ini berkesan garang.

“Konsep bermula saat saya membaca tentang kendaraan bertenaga baterai dan arah baru dari teknologi baterai,” ujar Chris.

Temuan Chris ini sangat menarik. Motornya bisa dipacu hingga melebihi kecepatan 200 km/jam. Jarak yang bisa ditempuh mencapai 160 km dalam sekali charge. Tapi, itu dilakukan jika mengupgrade tegangan pada 144 volt.

Untuk prototipe yang ada saat ini, tegangannya masih 72 volt. Jarak yang bisa ditempuh sampai 32 kilometer  dengan kecepatan maksimal 112 km/jam. Namun, rencananya, Chris akan membuat produk berdasarkan pesanan yang sudah diupgrade-nya agar mampu mencapai jarak 96 kilometer dengan kecepatan 160 km/jam.

Chris juga memodifikasi pada sistem penggeraknya. Olehnya, sabuk sistem penggerak diganti dengan sistem rantai tertutup. Chris masih kemungkinan berinovasi dengan kendaraannya ini. Motor listrik DC yang saat ini dipakainya, bisa jadi akan ditingkat ke sistem AC atau mengambil motor listrik dari pemasok lain. Chris juga berencana menanamkan sel baterai lithium polymer sebagai ganti aki konvensional.

“Saya memiliki kemampuan luar biasa untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep mekanik,” terang Chris.

Rencananya, motor Brutus ini akan segera dipasarkan. Hanya saja belum ada keterangan banderol harganya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda