Scroll to Top

Agar Otak Tetap Encer, Lakukan Jalan Kaki secara Rutin

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 12 Oct 2011

jalan kaki

Mengasah ketajaman otak tidak hanya dilakukan dengan memberi asupan nutrisi lewat makanan atau suplemen semata. Namun, otak pun perlu dimanjakan dengan olahraga oleh pemiliknya. Dan, olahraga yang paling mudah dan murah adalah jalan kaki.

Ada kausalitas antara jalan kaki dengan aktivitas di otak. Jumlah penyusutan sel otak bisa dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin. Dari pengamatan terhadap 300 orang di kota Pittsburgh, AS, terlihat ada kontraksi otak yang mengacu pada melambatnya proses penuaan. Hasil ini didapati pada mereka yang berjalan sejauh 10,8 kilometer. Sedangkan, bagi mereka yang kurang gerak, proses penuaan tetap terjadi seperti biasa.

“Penelitian menunjukkan,beberapa aktivitas terutama berjalan kaki, mampu meningkatkan ukuran otak,” ujar Kirk Eriksson dari University of Pittsburgh.

Saat seseorang mengalami penyusutan, tanda yang cukup terlihat adalah berkurangnya kemampuan mengingat. Tubuh yang kurang gerak, ditambah jarang melakukan aktivitas yang melibatkan kerja otak, bisa memicu terjadinya alzheimer atau kepikunan.  Alzheimer merupakan bentuk umum demensia yang secara perlahan membunuh sel-sel otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda