Tujuh Foto & Video Letusan Gunung Kelud, Meletus 13 Februari 2014

Gunung Kelud Meletus (2)

Foto letusan gunung Kelud & video gunung Kelud meletus: Gunung Kelud meletus pada Kamis, 13 Februari 2014 pukul 22.50 WIB. Letusan Gunung Kelud kali ini menyebabkan semburan asap dan material vulkanik setinggi 3000 meter. Erupsi gunung tersebut menyebabkan hujan abu, kerikil, dan pasir ke berbagai wilayah.

Tanda-tanda bahwa Gunung Kelud akan meletus sebenarnya sudah bisa dilihat sejak Senin (10/2) ketika itu binatang di lereng gunung turun. Banyak warga yang menyaksikan sendiri kijang dan ular bermunculan. Selain itu, udara yang semula cenderung dingin mulai terasa panas.

Erupsi Gunung Kelud sendiri terjadi pada Kamis (13/2) pukul 22.50 WIB. Suara letusan eksplosifnya sangat dahsyat. Bahkan terdengar jelas hingga kota Kediri yang berjarak 45 kilometer dari kubah lava.

Gunung Kelud Meletus (4)

Gunung Kelud Meletus (3)

Gunung Kelud Meletus (1)

Disebutkan oleh Sutopo Purwo Nugroho, Juru Bicara BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), arah erupsi kali ini ke barat daya.
Sutopo juga melaporkan bahwa karena letusan tersebut, terjadi hujan abu, kerikil, dan pasir yang radiusnya mencapai 15 kilometer. Di Gandusari, disebutkan pula sempat turun hujan kerikil hingga batu sebesar jari tangan.

Masyarakat yang berada dalam radius bahaya (10 kilometer) disebutkan Sutopo sudah diungsikan. Warga sendiri memiliki keyakinan bahwa Kelud biasa meletus pada neptu Wage. Dan kebetulan malam kemarin adalah malam Jumat Wage.

Kompas mewartakan, pengungsi dari kawasan terdampak letusan memenuhi pos-pos pengungsian. Dapur umum sudah didirikan. Beberapa pengungsi, mesti dibawa ke rumah sakit karena mengalami sesak napas.

Hujan abu letusan Gunung Kelud sendiri juga tiba di Yogyakarta. Hujan abu tipis mulai berlangsung sejak pukul 02.50 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Komentar Anda

Leave A Response