Scroll to Top

Bobotoh Persib & Jakmania Persija Tak Bisa Damai?

By Aditya / Published on Monday, 17 Feb 2014

Jakmania - Viking

Pertikaian antara suporter Persib Bandung atau Bobotoh dan Jakmania selaku pendukung Persija Jakarta memang bukan barang baru. Setiap kali Persib bertemu dengan Persija, selalu saja ada cerita tentang bentrok antara dua kelompok suporter ini. Apakah Bobotoh dan Jakmania memang tidak bisa damai?

Beberapa kali upaya mediasi untuk mendamaikan Bobotoh dan Jakmania sudah dilakukan. Namun, hingga saat ini hasilnya masih nihil. Hampir di setiap musim, perseteruan selalu ada, bahkan sampai memakan korban jiwa.

Mantan Sekjen PSSI, Nugraha Besoes, mengakui bahwa dua kelompok suporter ini memang susah untuk diajak damai. Pasalnya, kedua kubu selalu ingin menang sendiri dan merasa yang paling benar. Tidak ada kerendahan hati untuk memulai itikad perdamaian.

“Saya sudah beberapa kali melakukan pertemuan khusus untuk mendamaikan (dua suporter) ini. Sulit ya kalau buat saya. Sulitnya karena mereka tidak mau mengalah satu sama lain,” ungkap Nugraha Besoes, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/2/2014).

“Itu sudah bukan sepakbola. Ini merupakan saling ketersinggungaan perasaan, akhirnya dendam. Harus ada orang yang mempunyai pengaruh di kedua suporter ini, baru bisa. Saya belum tahu siapa. Saya belum ada jawaban yang pasti dan kongkrit,” lanjut Sekjen PSSI di era Nurdin Halid ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda