Scroll to Top

Cumi-cumi Akan Dikirim Ke Ruang Angkasa Untuk Penelitian Kesehatan

By Andhika / Published on Sunday, 05 Jun 2011

Pesawat ulang-alik Endeavour direncanakan untuk membawa cumi-cumi dalam misi berikutnya ke luar angkasa. Seperti diketahui, gravitasi di luar angkasa sangat lemah sehingga membuat para astronot dapat melayang di dalam kapsul pesawat. Nah, dengan membawa cumi-cumi tersebut akan diketahui reaksi gravitasi yang rendah itu terhadap perilaku bakteri Vibrio fischeri yang hidup melekat dengan cumi-cumi (bersimbiosis mutualisme). Apakah bakteri tersebut jadi merugikan atau tidak.

Hasil dari penelitian tersebut diharapkan bisa memberi petunjuk terhadap bakteri yang selama ini juga bersimbiosis mutualisme dengan manusia, seperti misalnya bakteri yang hidup di dalam pencernaan manusia. Nantinya, data-data tersebut akan berguna untuk bahan rujukan terhadap kesehatan manusia jika manusia sudah dapat bepergian ke ruang angkasa, misalnya saja ke Mars atau ke asteroid-asteroid yang melintas bumi.

Tahun 2006, sebuah penelitian serupa juga dilakukan terhadap bakteri Salmonella. Bakteri tersebut dibawa ke luar angkasa, dibekukan dan dibawa kembali ke bumi. Hasilnya, kemampuannya membunuh tikus putih meningkat hingga 3 kali lipat. Nah, hal tersebutlah yang ingin diketahui saat ini terhadap bakteri Vibrio fischeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda