Scroll to Top

Melihat Kecanggihan Helm Formula 1

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 12 Oct 2011

button_helmet
Kecanggihan helmet atau helm yang digunakan dalam ajang balap Formula 1 telah berubah seiring dengan kebutuhan pembalap akan fungsi helm untuk bisa berkemampuan lebih sebagai pelindung kepala yang sangat vital.

Helm yang digunakan saat ini selain memiliki tingkat kekuatan begitu tinggi, helm tersebut juga bisa terbilang ringan apabila dibandingkan dengan helm yang digunakan pada era 70-80an.

Memiliki berat sekitar  1.25 kg, sebuah helm dibuat dengan komposisi layer berlapis yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas untuk bisa meredam efek dari benturan. Tiap layer terdiri dari material karbon fiber yang konon kabarnya kebal peluru serta mampu bertahan dari panasnya api.

Helmet detail

Visor atau kaca helm juga harus tahan akan panasnya api dan harus mampu memberikan pembalap penglihatan yang baik khususnya saat berlomba ditengah hujan. Visor terbuat dari lapisan kimia anti-fogging di sisi dalam serta lapisan transparan yang melindungi dari sisi luar. Lapisan transparan tersebut dapat sewaktu-waktu dilepas apabila pembalap merasa penglihatannya mulai berkurang.

Ventilasi udara yang baik wajib dimiliki sebuah helm Formula 1. Ventilasi udara dibuat dengan penambahan sebuah penyaring udara spesial yang mampu menahan benda-benda kecil masuk kedalam helm.

Nico Rosberg Explain About F1 Hemet Technology

Selain dari beberapa keunggulan diatas ada lagi sebuah keunggulan lain yang tidak boleh terlewat untuk dimiliki sebuah helm Formula 1 yakni sisi aerodinamika. Bentuk dari helm harus mendukung aerodinamika yang baik untuk memberikan jalan masuk udara ke dalam air intakes yang berada tepat diatas kepala pembalap. Desain helm juga harus bisa mengurangi berat helm yang konon bisa mencapai 15 kg dalam kecepatan tinggi ketika balap.

FIA akan terus melakukan perbaikan-perbaikan standarisasi helm yang akan digunakan untuk balap jet darat ini, agar bisa memberikan keamanan terbaik bagi para pembalap yang tergabung didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda