Share

Kyai Kanjeng

Seorang kyai Probolinggo hebohkan Youtube. Pasalnya, di sebuah video yang kini gencar didiskusikan di jagat maya, ia miliki kemampuan tak biasa. Dimas Kanjeng Pribadi, sosok kyai tersebut mampu melipatgandakan uang. Seperti apa?

Di Youtube ada sejumlah video yang miliki konten serupa. Salah satunya video yang diunggah oleh penggun neo smith. Video tersebut berdurasi sekitar 6 menit. Aslikah?

Dalam video tersesbut sosok Dimas Kanjeng Pribadi duduk di sebuah bangku. Ia memakai pakaian khas kyai yakni gamis warna putih serta sorban. Lalu, ia merogoh uang dari belakang gamisnya.

Sejurus kemudian uang Rp 100 ribu di sebar di depannya. Ada tumpukan uang Rp 100 ribu dan ada pula pecahan Rp 50 ribu. Lalu, kyai itu merogoh lagi sesuatu dari belakang gamisnya. Dan lagi-lagi uang Rp 100 ribu keluar dan disebar.

Mengutip Detik, di video lain yang juga berdurasi 6 menit mencantumkan alamat blog si pengunggah. Di blog tersebut mencantumkan beberapa keluhan korban yang mengaku tidak kunjung dilipatgandakan uangnya oleh kyai Dimas Kanjeng Pribadi.

Pelbagai tudingan juga ditulis di blog tersebut. Ada korban yang telah setor sekian juta namun juga tak memperoleh hasil yang sesuai dijanjikan. Tapi kabar itu masih belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Kapolres Probolinggo AKBP Endar Priantoro sendiri sudah mengetahui peredaran video tersebut sejak lama. Kyai yang tengah jadi sorotan itu adalah warga Probolinggo yang tinggal di Kecamatan Gading. Polisi sendiri belum lakukan pemeriksaan atas aksi pelipatgandaan uang oleh kyai Kanjeng itu.