afc cup 2014 logo

Jadwal AFC Cup 2014 segera dimulai. Indonesia diwakili oleh Arema dan Persipura Jayapura sebagai dua tim teratas ISL musim lalu. Di laga perdana AFC Cup 2014, tim Singo Edan akan melawat ke kandang Selangor FA di Malaysia pada 25 Februari 2014, sedangkan tim Mutiara Hitam menjamu wakil India, Churcill Brothers, di Stadion Mandala Jayapura, pada waktu yang sama.

Kendati harus berlaga di kandang lawan, namun pelatih Arema, Suharno, menyatakan bahwa timnya tidak gentar menghadapi Selangor FA. Suharno menegaskan akan tetap bermain menyerang seperti karakter Arema selama ini.

“Arema harus tetap bermain dengan karakternya sendiri. Selama ini pemain sudah sangat nyaman dengan tipikal permainan tim. Jika rata-rata tim lebih bertahan di luar kandang, kami tidak akan melakukan itu. Arema tim besar dan bisa melakukan lebih dari sekadar bertahan,” tandas Suharno, Minggu (23/2/2014).

Selangor FA sendiri saat ini diperkuat oleh Andik Vermansyah. Tentunya kehadiran mantan pemain andalan Persebaya 1927 dan Timnas Indonesia U23 tersebut akan memberikan keuntungan khusus bagi Selangor FA dalam laga nanti.

“Saya bilang ke rekan-rekan di Selangor FA bahwa Arema adalah tim yang kuat dan selalu percaya diri. Soal kemungkinan bermain, jelas saya ingin menghadapi Arema. Tapi semua tergantung manajer,” ungkap Andik Vermansyah.

Adapun Persipura sejak jauh-jauh sudah memasang target tinggi di AFC Cup 2014, yakni menembus babak final. Sedangkan Churcill Brothers justru sebaliknya, mereka lebih mengutamakan India League (I-League) ketimbang kompetisi kasta kedua regional Asia itu.

“Sebuah kehormatan bisa bermain di AFC Cup. Tapi kami memandang I-League jauh lebih penting, karena kami harus memperlihatkan performa lebih baik di I-League dan menaikkan posisi kami di klasemen,” ungkap pelatih Churcill Brothers, Mariano Dias.