Scroll to Top

Anak Berisiko Kena Asma Jika Ibu Hamil Kegemukan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 13 Oct 2011

asma

Menjaga berat badan ternyata berlaku juga untuk ibu hamil. Meski pun dipastikan berat badan bakalan naik karena hadir janin, namun jika gemuknya berlebihan tetap tidak baik.

Menurut penelitian di Swedia, ibu hamil yang terlalu gemuk dapat menimbulkan risiko sakit asma pada bayinya kelak setelah lahir. Anak bisa merasakan sakit tersebut mulai usia 8 atau 10 tahun Risikonya mencapai 41 persen. Atau, 14 persen lebih tinggi dari ibu hamil dengan pertambahan berat yang normal.

“Ada risiko lebih tinggi yang jelas mengenai asma pada anak-anak, penggunaan obat, dan perawatan di rumah sakit dengan peningkatan kondisi kegemukan pada ibu saat awal kehamilan,” tulis Adrian Lowe dalam penelitiannya.

Peneliti dari Murdoch Childrens Research Institute dan University of Melbourne itu juga mengatakan, kegemukan yang dialami ibu hamil dapat mengurangi kekebalan tubuh bayi. Selain itu, bayi lebih rentan terhadap datangnya alergi. Disarankan, sebaiknya ibu hamil mulai memperhatikan berat badannya sejak melakukan langkah-langkah menuju kehamilan. Ini sebagai antisipasi mengurangi berat badan berlebih saat hamil tiba.

Penelitian yang bekerja sama dengan Umea University di Swedia ini melibatkan  120 ribu ibu dan 189 ribu anak mereka di Stockholm. Rata-rata, indeks massa sang ibu mencapai 35 atau lebih. Penelitian ini diterbitkan pada Journal of Allergy and Clinical Immunology.

One thought on “Anak Berisiko Kena Asma Jika Ibu Hamil Kegemukan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda