Scroll to Top

Berhubungan Seks Bisa Membuat Amnesia

By Ika / Published on Thursday, 13 Oct 2011

sex amnesia

Berhubungan seksual ternyata bisa berakibat cukup fatal pada ingatan seseorang. Ada sebuah kasus di mana seorang wanita berusia 54 tahun tiba-tiba datang ke sebuah rumah sakit di Washington DC. Dengan panik, ia mengatakan bahwa ia baru saja berhubungan intim dengan suaminya dan mendadak kehilangan ingatan tentang 24 jam sebelumnya.

Kondisi yang cukup langka ini disebut transient global amnesia. Menurut para ahli, amnesia ini hanya bersifat sementara dan tidak menimbulkan kerugian  pada otak. Scan otak sempat dilakukan pada wanita yang mengalami amnesia seperti ini dan tidak ditemukan kerusakan apapun.

Sebagian besar dokter masih belum mengetahui dengan pasti tentang penyebab amnesia yang bersifat sementara ini. Namun mereka yakin bahwa amensia ini ada hubungannya dengan celah atau katup yang terdapat di leher. Katup yang seharusnya tertutup ini malah terbuka. Hal ini memungkinkan adanya tekanan yang membuat darah dengan kandungan oksigen rendah dan seharusnya mengalir ke jantung, malah mengalir ke otak, khususnya ke bagian pengontrol memori.

Sebastian Ameriso dari Institut Penelitian Neurologi di Buenos Aires juga mengatakan bahwa ia tidak tahu pasti penyebabnya.

“Namun itu bukan stroke atau sesuatu yang bisa menyebabkan kerusakan otak. Amnesia seperti itu biasanya tak berbahaya,” kata Sebastian kepada LiveScience.

Dalam setahun, diperkirakan terdapat tiga sampai lima kasus serupa dari 100.000 orang. Umumnya ingatan yang hilang sesaat ini akan kembali setelah beberapa jam. Amensia sementara ini tidak hanya terjadi setelah berhubungan seksual dengan pasangan. Aktivitas seperti mengangkat barang berat juga bisa membuat seseorang kehilangan memori untuk sementara waktu.

Lalu siapa yang paling beresiko terkena amnesia sesaat ini? Menurut para ahli, yang beresiko adalah orang berusia 50-60an tahun. Ameriso juga menambahkan, apabila tiba-tiba terserang amensia, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda