Share

timnas indonesia arab

Laga pamungkas di Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan tuan rumah Arab Saudi pada 5 Maret 2014 mendatang memang tidak lagi berpengaruh terhadap Timnas Indonesia. Namun, PSSI meminta agar skuat asuhan Alfred Riedl tetap serius menghadapi Arab Saudi demi harga diri bangsa dan negara.

“Pertandingan nanti menjadi kesempatan bagi coach Alfred Riedl untuk menentukan skuad Indonesia ke depan. Karena itu, pertandingan ini bukan sekadar untuk bayar utang tetapi juga harga diri,” ungkap Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, belum lama ini.

“Pasalnya, pertandingan itu akan disaksikan masyarakat Indonesia di Tanah Air karena disiarkan langsung dari Kota Damman, Saudi Arabia,” lanjutnya.

Sebelumnya, asisten pelatih Timnas Indonesia, Widodo C. Putro, menegaskan bahwa pihaknya akan serius menghadapi Arab Saudi. Bahkan, pelatih Alfred Riedl, kata Widodo C. Putro, sudah mempersiapkan strategi jitu untuk meladeni tuan rumah.

“Jika ingin main lebih agresif, pola 4-4-2 menjadi pilihan. Namun, jika ingin sedikit bertahan dan semi menyerang maka akan menggunakan 4-2-3-1,” ungkap Widodo C. Putro.

Legenda hidup sepakbola nasional ini juga menyebut peluang Cristian Gonzales untuk masuk starting line up sangat besar apabila Alfred Riedl memutuskan menggunakan satu penyerang tunggal dan lebih memperkuat lini tengah.

“Cristian Gonzales berpeluang menjadi pilihan utama jika taktik yang dipakai semi menyerang. Dengan materi saat ini, kami bisa banyak pilihan untuk menyesuaikan formasi yang akan dipakai,” kata Widodo C. Putro.