Scroll to Top

Kisah Dibalik Kaus Kerah Tinggi Yang Selalu Dipakai Steve Jobs

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 14 Oct 2011

Walaupun masyarakat dunia telah merelakan kepergian Steve Jobs, pendiri dan mantan CEO Apple yang meninggal dunia karena menderita kanker pankreas, namun kisah-kisah seputar kehidupannya yang lalu tetap menarik untuk disimak.

Sebuah pengakuan seorang penulis berita di Amerika, seperti yang dikutip dari Gawker, akhirnya mengungkapkan kisah dibalik kaus kerah tinggi yang selalu dipakai Steve Jobs saat ia masih aktif bekerja di Apple.

Hampir di setiap kesempatan dimana media mengabadikan gambarnya, Anda akan mendapati Steve Jobs selalu tampil dengan kaos kerah tinggi (atau yang biasa dikenal dengan istilah kaos turtle neck) berwarna hitamnya.

Pada suatu wawancara ekslusif, Steve Jobs bercerita tentang asal mula ia selalu menggunakan kaos kerah tinggi tersebut.

Awal tahun 1980an, Steve Jobs melakukan perjalanan ke Jepang, mengunjungi pabrik Sony. Ia menemukan bahwa seluruh karyawan pabrik Sony menggunakan seragam di kantor. Maka ia pun bertanya kepada Direktur Sony yang bernama Akio Morita.

Jawaban yang diberikan ternyata cukup menyentuh hati. Morita berkata kepada Steve Jobs bahwa jaman dahulu setelah masa perang, orang-orang hampir tidak memiliki pakaian untuk mereka pakai. Sehingga pihak Sony merasa harus memberikan mereka pakaian untuk dipakai bekerja setiap hari.

Dari tahun ke tahun, tampaknya seragam ini membentuk gaya ciri khas tersendiri bagi Sony. Dan ternyata hal ini menjadi pengikat diantara sesama karyawan perusahaan besar ini.

Sejak saat itu, Steve Jobs memiliki pemikiran, bahwa pengikat semacam inilah yang ingin ia hadirkan di Apple.

Akan tetapi ternyata tidak semudah itu idenya diterima karyawan Apple. Banyak yang mencibirnya dengan ide tersebut.

Ide yang ditolak tidak membuat Steve Jobs berhenti. Ia memutuskan, ia sendiri yang akan menggunakan seragam tersebut untuk bekerja.

Bekerja sama dengan desainer terkenal yang direkomendasikan oleh Sony, Issey Miyake, Steve memintanya untuk mendesain sebuah pakaian yang menurutnya nyaman dipakai, dan mampu menampilkan ciri khas dirinya.

Jadilah ia memilih kaos kerah tinggi yang sering ia pakai di hampir tiap kesempatan. Dan yang mengejutkan, jika Anda mengira Steve Jobs hanya memiliki satu atau dua kaos tersebut, Anda salah besar.

Steve memiliki satu lemari penuh kaos turtle neck hitam yang diklaimnya sebagai “seragam” bekerjanya! “Itulah yang aku pakai”, katanya. “Aku punya cukup banyak untuk selama sisa hidupku”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda