Scroll to Top

Shakira: Matahari Musik Latin dan Gerard Pique

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 14 Oct 2011

Shakira 8

Gerard Pique boleh saja masih berusia 24 tahun. Namun, ia sangat jago dalam urusan percintaan. Beberapa wanita berdarah Spanyol pernah takluk kepadanya. Kemudian, sejak Maret 2011 lalu, ia sukses menaklukkan Shakira yang usianya 10 tahun lebih tua darinya.

Siapa yang tidak mengenal perempuan satu ini? Orang yang tidak mengetahui sepakbola atau dunia musik sekalipun, pasti akan mengenang lagu “Waka-Waka” yang dinyanyikannya sebagai salah satu lagu tema Piala Dunia 2010 lalu.

 

Menulis Puisi Sejak Usia 2 Tahun

Shakira lahir di Barranquilla, Kolombia, pada 2 Februari 1977. Unik memang. Ia kini berpacaran dengan Pique yang terpaut tepat 10 tahun darinya, mengingat Pique lahir pada 2 Februari 1987.

Masa kecil Shakira sudah dibalut cobaan. Ketika usianya baru dua tahun, saudara kembarnya (laki-laki) meninggal dalam sebuah kecelakaan motor. Kepiluan hari-hari mudanya menjadi salah satu pemicu bakat Shakira.

Umur empat tahun, ia sudah membuat sebuah puisi yang berjudul “La Rosa De Cristal”. Dua tahun berselang, ia menciptakan lagu pertamanya, “Tur gafas oscuras” (Kacamata Gelapmu). Lagu ini merupakan curhat Shakira atas kematian sang kakak. Ia melihat sendiri bagaimana sang ayah yang seorang penulis, mengenakan kacamata hitam bertahun-tahun untuk menyembunyikan kepedihannya.

Kesuksesan dini terlihat pada Shakira beberapa tahun kemudian. Usia 13 tahun, ia sudah menelurkan album Magia, pada tahun 1990. Meskipun penjualannya tidak signifikan, ini adalah batu loncatan penyanyi berambut pirang ini untuk menapaki karier sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu.

Pada akhir 1990-an, dunia dipenuhi oleh penyanyi-penyanyi latin. Sebutlah Enrique Iglesias dan Ricky Martin. Alhasil, nama Shakira yang sudah mengangkasa pada dekade 1990-an, tinggal menunggu waktu pula untuk menguasai dunia.

Single pertamanya untuk dunia musik internasional adalah “Whenever, Wherever”. Single ini disusul dengan album pertama berbahasa Inggris, Laundry Service pada November 2001. Hingga kini, sudah tujuh album yang diproduksinya.

 

Trivia

  • Shakira pernah bertemu dengan Paus John Paul II pada 1998
  • Sangat menyukai sejarah dunia. Sampai-sampai ia pernah masuk kelas Sejarah Peradaban Barat di UCLA. Demi menghindari pemberitaan, Shakira menggunakan nama Isabel Mebarak.
  • Akan diberi penghargaan Latin Recording Academy Person of the Year pada 9 November 2011 mendatang berkat kontribusinya untuk musik Latin dan kepedulian sosialnya yang begitu tinggi.
  • Sangat menghargai perdamaian. Shakira pernah berkomentar, “Misi kita untuk perdamaian dunia adalah mengirimkan 30000 pengajar ke Afghanistan, bukannya 30000 tentara.” Ia mengucapkan hal ini ketika menjadi pembicara di Universitas Oxford.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda