Scroll to Top

Gerard Pique Mengincar Pertandingan ke-150 untuk Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 14 Oct 2011

Gerard Pique

Ada dua pemain jebolan akademi La Masia yang dititipkan ke Liga Inggris untuk kemudian kembali ke Barcelona. Pertama, dan yang terbaru, adalah Cesc Fabregas. Diambil Arsene Wenger beberapa tahun lalu, kini Cesc datang ke Camp Nou dengan harapan besar dan kualitas mumpuni.

 

Ditempa di Premier League

Bertahun sebelum Fabregas, sebenarnya Gerard Pique mengalami nasib serupa. Kekasih Shakira ini dipungut Sir Alex Ferguson pada musim 2004/2005.

Karena masih di bawah 17 tahun, Barcelona tidak mendapatkan kompensasi apa pun untuk “pemungutan” ini. Pique belum terikat kontrak apa pun dengan kubu Camp Nou.

Bergabung dengan Setan Merah, Pique lebih sering duduk di bangku cadangan. Ia sempat pula dipinjamkan ke Real Zaragoza. Total, ia cuma bermain 23 kali untuk United selama tiga tahun.

Bersama sang juara “abadi” Premier League, Pique merasakan nikmatnya gelar Liga Champions 2008 dan juara Premier League pada tahun yang sama. Lalu, pada musim panas tahun yang sama, Josep Guardiola sukses memanggilnya pulang.

Perbedaannya dengan Fabregas, Pique tidak bermain sebanyak Cesc. Ia juga belum menjadi tulang punggung Manchester United seperti halnya sang gelandang muda Spanyol.

Tak masalah bagi bek bongsor ini. “Kurang dianggap” saat berkostum Manchester United, ia selalu menjadi pilhan utama Josep Guardiola. Total, ia sudah bermain 149 kali untuk Barcelona dan menyumbangkan 11 gol.

Artinya, jika dalam pertandingan akhir pekan ini Pique diturunkan, ia akan bermain 150 kali untuk Blaugrana. Lawan Barcelona sendiri, cuma Racing Santander. Belum apa-apa, pelatih Santander, Hector Cuper sudah minder duluan. Ia menyebut, tidak ada tim yang sekuat Barcelona dalam 35 tahun karier kepelatihannya.

 

Serasa Veteran

Ya, baru 24 tahun, dan baru 3 musim di Barcelona, Pique sudah seperti veteran. Bersama Lionel Messi dan Pedro Rodriguez yang seusia, ia menjadi salah satu kunci penting keberhasilan Barcelona menguasai dunia.

Sedikit mengenang, penampilan pertamanya untuk Barcelona, terjadi pada 13 Agustus 2008. Kala itu, Barcelona menghadapi Wisla Krakow. Pique masuk pada menit 77 menggantikan bek sayap Dani Alves.

Dengan tinggi 192 cm, Pique adalah bek andalan baik untuk Barcelona dan timnas Spanyol. Calon kapten masa depan Barcelona ini tentu masih memiliki 10 hingga 13 tahun ke depan untuk menunjukkan kualitas yang sesungguhnya.

Nah, apakah Guardiola akan menyediakan tempat untuk Pique akhir pekan ini? Siapa tahu pemain kelahiran 2 Februari 1987 ini bisa mencetak gol pula. Tentu Pique menginginkan hal ini untuk merayakan penampilan ke-150-nya.

Urusan mencetak gol, siapa yang bisa melupakan golnya ketika Barcelona melawat ke Santiago Bernabue? Gol Pique saat itu menjadi gol keenam Barcelona dalam pertandingan tersebut. Mencukur Madrid 2-6, Barcelona mencatatkan rekor dalam sejarah sebagai salah satu kemenangan terbesar atas sang rival di kandang lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda