Scroll to Top

Loading Facebook Masih Yang Tercepat

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 14 Oct 2011

Facebook memang tidak pernah mengecewakan. Fiturnya selalu update, pun demikian dengan service nya. Anda pasti tidak pernah bermasalah dengan loading laman Facebook di komputer Anda, bukan?

Hal ini memang sejalan dengan laporan AlertSite pada Web Performance Index for Social Networks, di kuartal ketiga tahun 2011 ini.

Dan seperti yang sudah diperkirakan, Facebook menempati urutan pertama daftar situs dengan loading/response time tercepat diantara seluruh situs jejaring sosial yang ada di dunia.

Dengan response time selama 0,73 detik saja, Facebook mampu mengalahkan situs LinkedIn yang mampu me-response selama 1,33 detik, atau bahkan YouTube yang me-response dalam waktu 1,58 detik.

Berikut grafiknya:

Jika Anda merasa akun Twitter Anda sering lelet, tampaknya memang demikian. Twitter menempati posisi ke-empat dengan response time selama 2,73 detik.

MySpace yang bisa dikatakan pemain lama pada dunia jejaring sosial, tampaknya setelah semakin kurang diminati penggunanya, service nya semakin menurun. Hal ini terlihat dari response time nya yang cukup lama, yaitu selama 5,09 detik.

Kecepatan loading laman-laman tersebut tentu saja dipengaruhi oleh jaringan dan server yang disediakan oleh masing-masing penyedia jasa jejaring sosial tersebut.

Dan tampaknya terus membangun pusat data raksasa yang baru-baru ini dilakukan Facebook, telah nyata dampaknya pada service yang ditawarkan pada situsnya.

Selain meneliti tentang loading page/response time situs-situs jejaring sosial tersebut, AlertSite juga menilai ketersediaan/availability situs-situs tersebut untuk diakses oleh penggunanya.

Kali ini tampaknya walau berbeda sepersekian detik saja, Facebook harus mengakui kekalahannya dibandingkan YouTube.

Berikut secara lengkap grafiknya:

Jika Anda tidak menemukan situs jejaring sosial lain yang Anda cari pada grafik tersebut, bisa diasumsikan situs-situs tersebut masuk ke kategori “Benchmark Average”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda