Scroll to Top

Tips Berjualan Melalui BBM

By Prinzta / Published on Monday, 06 Jun 2011

Berjualan melalui media BBM (BlackBerry Messenger) memang bukan merupakan hal baru. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjual barang melalui BBM.

Hindari menggunakan media group di BBM. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya tidak akan accept jika ada online shop yang mengundang untuk masuk dalam group, sekalipun itu teman saya sendiri. Seperti kita ketahui, semakin banyak kita join dalam group, apalagi group tersebut aktif, akan membuat BlackBerry menjadi lambat.

Terlibat dengan pembicaraan yang tidak ada sangkut pautnya juga salah satu efek negatif. Contoh: Online Shop di group BBM sedang menjual t-shirt. Sebagian member group tersebut tentu ada yang suka dan ada yang tidak suka. Percakapan yang terjadi justru mengganggu orang yang tidak berkepentingan, dalam kasus ini tentu saja mengganggu saya yang tidak suka. Bayangkan jika ada beberapa group seperti itu dalam BBM anda.

Jadi, jika Anda ingin berjualan melalui BBM, sebaiknya hindari menggunakan group sebagai sarananya.

Salah satu tips agar Anda lebih maksmimal dalam menjual melalui BBM adalah dengan menggunakan Display Picture di BBM. Saya pribadi gemar melihat recent updates di BBM. Seringkali teman saya memasang foto produk yang akan dijual. Misalkan menjual tas, teman saya akan memasang foto tas itu di display picture dan menulis keterangan di personal message. Cara ini menurut saya yang paling tepat sasaaran. Pengguna melihat recent updates, melihat gambar terbaru display picture kita dan tertarik. Hal yang sangat mungkin bukan?

Dengan 500 daftar contacts di BBM, kurang lebih setengahnya pasti melihat recent updates Anda. Dari 250 orang yang melihat foto produk yang Anda jual, sudah pasti satu diantara mereka ada yang tertarik. Bandingkan dengan group di BBM yang hanya bisa menampung 30 member per group.

Berikut langkah-langkah untuk berjualan melalui Display Picture di BBM :

  1. Pilihlah foto produk yang menarik perhatian.
  2. Sertakan keterangan singkat produk di Personal Message. Gunakan tulisan dan bahasa yang baik, jangan berlebihan, agar memudahkan orang yang membaca.
  3. Plih waktu yang tepat. Saat istirahat makan siang (jam 12.00-13.00) adalah salah satunya, dimana pengguna dapat dengan leluasa melihat recent updates.
  4. Jangan terlalu sering mengganti display picture, karena akan mengganggu pengguna lain.

Sekian tips dari saya, semoga membantu Anda meningkatkan penjualan melalui BBM.

Komentar Anda