Share

Pajak

SPT pajak tahunan badan dan pribadi tahun 2013 miliki batas akhir waktu penyerahan hingga 30 April (badan) dan 31 Maret (pribadi) 2014. Demikian himbauan sekaligus pengingat yang dilontarkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan pada segenap wajib pajak.

Dengan demikian bagi mereka yang miliki tanggungan atau kewajiban harap segera melunasi Pajak Penghasilan (PPh) dan menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) hingga batas akhir yang dijadwalkan.

Batas waktu SPT tahunan PPh wajib pajak preorangan yakni 31 Maret 2014. Sedangkan untuk SPT tahunan PPh wajib pajak badan hingga 30 April 2014. Jika wajib pajak terdaftar menyerahkan SPT tahunan PPh lewat tanggal yang dimaksud maka akan dikenakan sanksi administratif berupa denda Rp 100 ribu (pribadi).

Guna untuk menyukseskan SPT tahunan PPH wajib pajak pribadi dan badan, DJP untuk Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di seluruh Indonesia buka setiap hari mulai Senin hingga Sabtu sesuai jam kerja.

DPJ Kementerian Keuangan juga berikan kemudahan bagi wajib pajak dalam penyampaian SPT pajak tahunan ke KPP lewat situs DJP di Pajak.go.id atau bisa pula lewat atau Penyedia Jasa Aplikasi/ Application Service Provider (ASP).

Sementara itu di situs Pajak.go.id tersedia menu-menu online yang bisa dimanfaatkan untuk mengurus kewajiban wajib pajak. Misalkan saja pembayaran online, pendaftaran SPT, pelaporan online (e-Filing), serta pengembalian PPN (VAT Refund).