Scroll to Top

Dibeli Sheikh Al-Maktoum, Getafe Siap Menjadi Malaga Kedua

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 14 Oct 2011

Pelajarilah nama berikut ini dengan saksama. Sheikh Butti bin Suhail Al Maktoum Sheik. Namanya sebentar lagi akan meroket seperti sang pendahulu, Sheikh Abdullah Al Thani. Kalau Sheikh Al-Thani memiliki Malaga, Sheikh Al-Maktoum sepenuhnya memiliki Getafe.

Sheikh Al-Maktoum akan menggenggamkan tangannya pada klub papan bawah La Liga ini pada 1 Juli 2012 mendatang. Dengan kerajaan Royal Emirates Group-nya, ia siap menginvestasikan 95 juta Euro ke  Getafe.

Akhir bulan Oktober, orang kaya ini akan mendatangi Getafe. Bersama 50 orang, Sheikh Al-Maktoum akan membicarakan investasi untuk kota Getafe. Bisa dikatakan, tim sepakbola kota ini cuma sebagai proyek awal. Demi memenangkan hati publik, tentunya.

Dalam sejarah, hubungan orang Arab dan Spanyol jelas bukan hal baru. Ketika Islam melakukan ekspansi ke Eropa, Spanyol menjadi tanah paling lama didiami orang-raong Arab. Bahkan, sampai sekarang, masih banyak kosakata Arab yang diucapkan oleh orang Spanyol dalam bentuk berbeda.

 

Mengapa Klub Kecil?

Memang muncul keraguan. Untuk apa para orang kaya Arab justru membidik klub-klub “kecil”. Misalnya, Manchester City. Sebelum ada Syeikh Mansour, City cuma klub papan tengah. Bahkan, mereka masih bergulat dengan zona degradasi pada musim 2007/2008.

Malaga apalagi. Klub ini lebih sering menjadi bulan-bulanan. Namun, di tangan Syeikh Al-Thani, Malaga menjadi salah satu klub yang bisa menawarkan hal baru di kompetisi La Liga. Setelah dalam tiga tahun terakhir cuma ada Barcelona dan Real Madrid, tentu asyik pula menyaksikan adanya kontestan baru.

 

Demi Pundi-Pundi Pribadi

Namun, seperti dijelaskan di muka, klub sepakbola hanyalah awal. Getafe cuma sekali mendapatkan gelar, yaitu juara Segunda Division 1998-99. Selebihnya, tidak ada.

Sheikh  Al-Maktoum lebih mengutamakan rencana perdananya: membangun paviliun yang didedikasikan untuk penyebaran budaya Arab di Spanyol. Lokasinya di mana lagi kalau bukan di Coliseum Alfonso Perez.

Secara umum, Getafe akan dijadikan tambang uang bagi Syekh Al-Maktoum untuk mengembangkan pariwisata Spanyol di tangan Royal Emirates Group. Ujung-ujungnya, ini adalah investasi jangka panjang demi penggelembungan pundi-pundi kelompok Sheikh Al-Maktoum.

 

Rencana Jangka Panjang

Kedatangan Sheikh Al-Maktoum ke Coliseum Alfonso Perez sendiri akan diwarnai dengan menonton klub barunya. Bukan pada akhir pekan ini, tapi pada 25 Oktober. Kala itu, Getafe akan menghadapi tamunya, Osasuna. Tim ini pernah dibantai Barcelona 8-0 di Camp Nou.

http://www.youtube.com/watch?v=jQgflSvAm28

Siapa tahu, dengan melihat penampilan Getafe, Sheikh Al-Maktoum akan berpikir hal lain. Misalnya, membuat daftar pemain baru yang akan dibelinya pada musim panas 2012 demi mengangkat Getafe.

Maklum, klub berjuluk Azulones (Si Biru Gelap) sekarang tertahan di peringkat 16 dengan empat poin. Satu-satunya yang bisa dibanggakan sementara ini adalah penyerang Miku asal Venezuela yang sudah mengemas 4 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda