Scroll to Top

Kematian Akibat Kanker Mengincar Siapa Saja yang Belum Menikah

By Ika / Published on Friday, 14 Oct 2011

Pria single

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang masih single atau lajang memiliki resiko kematian akibat kanker sebanyak dua kali lipat daripada mereka yang sudah pernah menikah.

Para peneliti telah mengamati kasus kematian yang disebabkan oleh kanker selama 40 tahun terakhir. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan fakta bahwa pria atau wanita yang belum menikah lebih beresiko meninggal akibat terkena salah satu dari 13 jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, prostat, dan payudara.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sudah menikah umumnya memiliki kesehatan tubuh yang baik dan membuat mereka berumur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang masih single. Orang yang sudah menikah cenderung meninggalkan kebiasaan buruk seperti meminum alkohol atau merokok, di mana kebiasaan ini umumnya memicu penyakit kanker.

Selain itu, peneliti dari Universitas Oslo mengatakan bahwa penderita kanker yang sudah menikah, penyakitnya tersebut lebih cepat diketahui/didiagnosa karena mereka cenderung lebih rajin pergi ke dokter. Orang yang sudah menikah umumnya juga melakukan pengobatan secara rutin dengan baik karena mereka memiliki pasangan yang tentunya selalu memberi dukungan. Karena faktor-faktor inilah, penderita kanker yang sudah menikah diperkirakan bisa memiliki umur yang lebih panjang daripada penderita kanker yang masih melajang.

Tingkat kematian pada pria lajang telah meningkat sebanyak 3,4% setiap 10 tahun. Sedangkan tingkat kematian pada mereka yang pernah menikah (duda atau janda) sedikit lebih tinggi daripada mereka yang memiliki pasangan.

Dr. Safia Danovi dari Cancer Research UK mengatakan bahwa bertahan hidup dari penyakit kanker adalah masalah yang cukup rumit. Ada banyak alasan dari temuan penelitian ini tentang mengapa seseorang yang belum menikah lebih beresiko terhadap kematian akibat kanker.

“Diagnosa dini adalah kunci utama untuk melawan kanker. Tak peduli sudah menikah atau belum, mereka harus segera pergi ke dokter ketika melihat perubahan yang tak biasa dalam diri mereka,” kata Dr.Safia Danovi seperti yang dikutip Sidomi News dari Dailymail.

3 thoughts on “Kematian Akibat Kanker Mengincar Siapa Saja yang Belum Menikah”

  1. sya mw nanya nich…apakah benjolan kecil yg berada di sekitar,maaf di dkt puting payudara,apakah itw salah satu tanda2 kanker payudara?thanks

  2. @Yuli:
    Sebelumnya saya mohon maaf karena saya bukanlah ahli medis dan tidak berani untuk menentukan apakah benjolan tersebut termasuk kanker atau bukan. Ada baiknya kalau Anda segera berkonsultasi ke dokter. Apalagi menurut banyak sumber, benjolan di payudara sering dikaitkan dengan kanker. Deteksi dini adalah kunci untuk selamat dari kanker.

  3. @yuli:
    sebaiknya memang segera dikonsultasikan ke dokter ahlinya. bukan bermaksud menakuti, istri saya pernah mengalami kejadian seperti yang mbak yuli rasakan. diagnosanya terkena tumor jinak dan lantas diangkat benjolan itu. jadi baiknya, mbak yuli jangan takut untuk memeriksakan keluhan tersebut. karena, tumor sejinak apa pun berpotensi menjadi ganas. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda