Scroll to Top

Dennis Ritchie, Bapak Pemrograman Bahasa C Meninggal

By Ivan Azzam / Published on Friday, 14 Oct 2011

Dunia kini telah kehilangan satu orang hebat lagi, setelah kepergian Steve Jobs, kini Dennis Ritchie, pembuat dari bahasa pemrograman yang digunakan luas di dunia, yaitu bahasa pemrograman C, tutup usia pada umur 70 tahun.

Dennis Ritchie accepting award

Ritchie tutup usia di kediamannya, menurut sebuah post di Google+ milik Rob Pike. Sebuah entri di Wikipedia mengatakan dia meninggal di Murray Hill, New Jersey.

Kepergiannya dikonfirmasi hari ini oleh Bell Labs, dalam sebuah pesan dari direkturnya, Jeong Kim kepada para pegawai.

Dennis Ritchie juga memberi kontribusi besar pada sistem operasi Unix, dimana ia menerima Turing Award pada 1983, bersama koleganya Kenneth Thompson.

Bill Clinton (saat masih menjabat presiden) memberikan penghargaan pada Ritchie dan Thompson yaitu National Medal of Technology pada 1999. Selain itu ia juga mendapat penghargaan nasional dan internasional lainnya untuk karyanya dan dipilih untuk masuk ke National Academy of Engineering pada 1988 karena pengembangan bahasa pemrograman C dan sistem operasi Unix.

Ritchie bekerja di Computing Sciences Research Center milik Bell Labs pada 1967 dan dikenal sebagai “dmr”. Selamat jalan Ritchie. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda